• Selasa, 30 November 2021

Isu Perampingan Jumlah BUMN Kembali Bergulir. Erick Thohir : Jadi, Yes Dimungkinkan

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya ke-61 di Kampus FE Unsri Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (23/10/21).  (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya ke-61 di Kampus FE Unsri Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (23/10/21). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)

 

PALEMBANG, harianmerapi.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan tidak menutup kemungkinan bakal kembali merampingkan BUMN yang saat ini sudah berjumlah 41 dari sebelumnya 108.

Erick di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (24/10/2021), mengatakan, kebijakan itu sangat mungkin diambil karena BUMN harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi terkini dari masing-masing industrinya.

“Apakah dirampingkan ?. Dimungkinkan, tergantung dari situasi industrinya. Jadi yess dimungkinkan," kata Erick.

Baca Juga: Kasus Pemerkosaan Remaja di Halmahera Tengah, Sejumlah Elemen Perempuan Melakukan Unjuk Rasa

Erick mengatakan perampingan BUMN ini merupakan salah satu langkah strategis dalam proses transformasi yang sedang berlangsung sejak dua tahun terakhir.

Dalam transformasi itu, Erick memangkas jumlah klaster menjadi 12 klaster dari sebelumnya yang sebanyak 27 klaster, yang aman setiap klaster dibagi atas sektor industri yang diemban BUMN.

Menurutnya, BUMN harus bertransformasi terutama dalam model bisnis karena negara mengharapkan perusahaan plat merah dapat memberikan pemasukan sebesar-besarnya.

Baca Juga: 5 Obat Alternatif Sariawan, Nomor 3 Jangan Pakai Gula

Dalam proses transformasi itu, Kementerian BUMN telah menetapkan lima fondasi yakni perbaikan korporasi dan pelayanan publik, fokus pada bisnis inti, inovasi berbasis digitalisasi, proses bisnis yang baik dan diawali dengan transformasi sumber daya manusia.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harbokir JNE Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Jumat, 26 November 2021 | 09:32 WIB

Jaygan Fu Ponnudurai CEO Baru OVO

Sabtu, 20 November 2021 | 10:09 WIB
X