• Selasa, 30 November 2021

Agar Tak Merugi Saat Tanam Bawang Merah, Kenali Macam Hama dan Penyakit Utama Lengkap dengan Cara Pengendalian

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 11:11 WIB
Syarat tumbuh bawang merah harus dikenali sebelum memutuskan untuk tanam. (Foto: Arif Septoro Riza Marzuqi)
Syarat tumbuh bawang merah harus dikenali sebelum memutuskan untuk tanam. (Foto: Arif Septoro Riza Marzuqi)


JOGJA,harianmerapi.com – Hama dan penyakit utama bawang merah di Indonesia bisa diketahui dalam artikel ini. Termasuk cara pengendalian hama dan penyakit utama bawang merah.

Hama dan penyakit utama bawang merah ini menjadi penghalang petani dan mengancam panen. Sehingga petani sebaiknya tahu cara pengendalian hama dan penyakit utama bawang merah.

Menanam bawang merah tentu saja berbeda dengan teknik menanam sayur lainnya. Menanam bawang merah, membutuhkan penanganan yang cukup, termasuk dalam pengendalian hama dan penyakit utama.

Dilansir dari laman Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Lampung, disebutkan bahwa bawang merah merupakan komoditas hortikultura berumur pendek yang memiliki nilai komersial tinggi dan risiko tinggi.

Baca Juga: Tips Tanam Bawang Merah, Ini Rekomendasi Pupuk yang Dibutuhkan

Oleh karenanya, penanaman bawang merah harus memperhatikan beberapa hal, yaitu pemberian pupuk, benih yang bermutu, varietas bawang merah unggul, pengendalian hama dan penyakit utama, dan teknik pengolahan hara.

Berikut hama dan penyakit utama yang sering menyerang bawang merah sekaligus cara pengendalian yang direkomendasikan:

1. Ulat daun bawang (Spodoptera exigua)

Ulat penggerek daun dan masuk ke dalamnya sehingga merusak jaringan daun sebelah dalam sehingga kadang-kadang daun terkulai. Gejala serangan ulat seperti pada daun yang terserang terlihat bercak putih transparan.

Cara pengendalian jika terserang ulat daun adalah rotasi tanaman, waktu tanam serempak, atau dengan pengendalian secara kimiawi yaitu menggunakan Curacron 50 EC, Diasinon 60 EC, atau Bayrusil 35 EC.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harbokir JNE Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Jumat, 26 November 2021 | 09:32 WIB

Jaygan Fu Ponnudurai CEO Baru OVO

Sabtu, 20 November 2021 | 10:09 WIB
X