• Rabu, 1 Desember 2021

Begini Mekanisme Pencairan Bantuan Rp 1,2 Juta untuk PKL dan Warung yang Sudah Diresmikan Jokowi

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 16:46 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat memberikan secara simbolis Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) di kawasan Malioboro Yogyakarta, Sabtu (9/10/2021).  (Foto: ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian)
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat memberikan secara simbolis Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) di kawasan Malioboro Yogyakarta, Sabtu (9/10/2021). (Foto: ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian)

JOGJA,harianmerapi.com- Presiden Joko Widodo sudah meresmikan pencairan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Warung sebesar Rp 1 juta, Sabtu (9/10/2021). Nantinya, penyerahan bantuan akan mengerahkan anggota TNI dan Polri yang langsung menemui para penerima bantuan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mendampingi Presiden Joko Widodo saaat meresmikan pencairan bantuan di kawasan Malioboro Yogyakarta, Sabtu (9/10/2021) menjelaskan program BT-PKLW diinisiasi untuk melengkapi program Pemerintah yang sudah berjalan selama ini seperti BPUM, subsidi bunga KUR, penjaminan kredit modal kerja UMKM, PPh Final UMKM ditanggung Pemerintah, dan restrukturisasi kredit UMKM.

Masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp1,2 juta yang akan diberikan kepada 1 juta PKL dan Pemilik Warung sampai dengan akhir tahun 2021.

Baca Juga: Salurkan Bantuan Tunai untuk PKL Malioboro, Jokowi: Rp 1,2 Juta Kurang Nggak?

Adapun skema penyaluran dilakukan melalui petugas Polri dan TNI mempertimbangkan efektivitas penyaluran bantuan secara cepat dan merata di seluruh Indonesia, dan langsung dapat diterima oleh masyarakat kecil.

Petugas Polri dan TNI terjun langsung untuk mendata dan melakukan verifikasi PKL dan pemilik warung yang berhak menerima bantuan BT-PKLW.

Calon penerima yang telah terdata dan terverifikasi akan menerima undangan untuk pengambilan BT-PKLW di kantor Polres atau Kodim setempat.

Baca Juga: Bansos PKH Tahap 4 Segera Cair, Cermati Kriteria Penerima Bantuan Kemensos Ini

Menurut Airlangga, Per 8 Oktober 2021, data calon penerima yang sudah masuk sebesar 930.773 orang dan sebagian besar sudah terverifikasi. Data tersebut terus ditingkatkan dan diproses hingga mencapai angka yang ditargetkan.*

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harbokir JNE Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Jumat, 26 November 2021 | 09:32 WIB

Jaygan Fu Ponnudurai CEO Baru OVO

Sabtu, 20 November 2021 | 10:09 WIB
X