• Kamis, 26 Mei 2022

5 Tips Agar Pelaku UKM Dapat Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

- Rabu, 22 September 2021 | 13:58 WIB
 CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa (ANTARA/ho)
CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa (ANTARA/ho)


JAKARTA, harianmerapi.com - Pandemi Covid-19 telah menghantam kehidupan industri usaha kecil menengah (UKM). Namun, UKM tetap harus bertahan, caranya dengan menerapkan strategi yang tepat.

Padahal, industri UKM menjadi salah satu faktor pendorong lahirnya sharing economy di Indonesia. Ada beberapa usaha yang masih bisa dijalani walau hanya berada di dalam rumah.

"Stay at home economy ditandai dengan pergeseran perilaku masyarakat dalam bertransaksi yang serba daring dan meningkatnya permintaan berbagai produk pendukung aktivitas masyarakat di rumah, seperti makanan beku atau kriya interior," ucap CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa dalam keterangan resminya, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga: Anggota DPR Sebut Ada Akademisi di Kampus Besar Terpapar Paham Radikalisme

Untuk mencapai kesuksesan, para pelaku usaha juga diharuskan memiliki daya saing yang kuat dan juga semangat yang tinggi. Untuk mencapai itu semua, terdapat setidaknya 5 tips yang bisa dijalankan sebagai berikut:

1. Ciptakan ide yang kreatif
Ide lahir karena adanya pergerakan yang dilakukan oleh pelaku usaha itu sendiri. Ide tidak akan muncul jika kita hanya menunggu tanpa ada usaha dan kemauan dari diri untuk bergerak mendapatkan ide. Ide kreatif bisa kita ciptakan lewat riset yang tepat.

2. Berkenalan dengan diri sendiri
Dalam hidup ini, kuncinya adalah kenal jati diri kita sendiri dulu; ini juga berlaku ketika kita ingin sukses berbisnis; karena pada dasarnya apapun yang kita jual, sesungguhnya kita sedang “menjual” diri kita.

Baca Juga: Fahri Hamzah Komentari Isu Gaji Fantastis Anggota DPR: Kalau yang Diungkap KD Benar, Mengerikan

3. Jalani prinsip happynomics
Berbisnislah dengan azas happynomics: dilakukan dengan happy (senang), bernilai ekonomi, dan secara alami bisa dibayar mahal.

Halaman:

Editor: Hudono

Artikel Terkait

Terkini

X