• Minggu, 17 Oktober 2021

Pembentukan Holding BUMN Pangan Diharapkan Dapat Memudahkan Koordinasi Perencanaan

- Senin, 20 September 2021 | 17:25 WIB
Petani mengangkut benih padi di Kawasan Tasikardi, Kramatwatu, Serang, Banten, Jumat (28/6/2021).  (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)
Petani mengangkut benih padi di Kawasan Tasikardi, Kramatwatu, Serang, Banten, Jumat (28/6/2021). (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan berharap rencana pembentukan Holding BUMN Pangan akan dapat memudahkan dalam koordinasi perencanaan.

"Saya kira yang paling penting dan utama mudah-mudahan dengan adanya Holding BUMN Pangan akan memudahkan dalam koordinasi perencanaan. Kemudian nanti juga berimplikasi terhadap pengelolaan lebih lanjut, itu juga akan memudahkan," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Bambang Pamuji dalam diskusi INDEF di Jakarta, Senin (20/9/2021).

Bambang juga berharap dari Holding ini juga ada yang berperan mungkin menjadi bagian untuk menyediakan, memfasilitasi sarana produksi, kemudian juga ada yang akan berperan menjadi offtaker dan sebagainya.

Baca Juga: Sempat Kuning, Status Kabupaten Sukoharjo Kembali Naik Zona Oranye

"Harapan kami itu bisa terwujud dengan baik dan pada posisi yang menguntungkan petani," katanya.

Sebelumnya PT RNI (Persero) mengungkapkan penggabungan BUMN Pangan sebagai proses menuju holding BUMN Pangan telah ditandatangani Presiden Joko Widodo melalui tiga Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia.

Direktur Utama RNI (Persero) Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, penggabungan dari 6 menjadi 3 BUMN Pangan ini merupakan tahap kedua yang harus dilakukan sebagai proses persyaratan pembentukan holding BUMN Pangan.

Baca Juga: Film Nusa Brata Mengisahkan Kondisi Kulon Progo Pada Tahun 1930

Sesuai PP Nomor 97 Tahun 2021 penggabungan PT Bhanda Ghara Reksa ke dalam PT Perusahaan Perdagangan Indonesia yang bergerak di sektor perdagangan dan logistik didasarkan atas pertimbangan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta penetrasi bisnis jaringan distribusi dan perdagangan, serta mendukung ketersediaan dan keterjangkauan termasuk bahan pangan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KAI Borong 3 Penghargaan Indonesia BUMN Awards 2021

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:54 WIB

Mengenal OSS, Manfaat dan Prasyarat Sebelum Akses

Rabu, 13 Oktober 2021 | 06:37 WIB
X