Kriteria Aplikasi Pinjam Uang yang Aman dan Terdaftar di OJK

YOGYA (MERAPI) – Kriteria aplikasi pinjam uang yang aman dan terdaftar OJK sangat diperlukan di tengah maraknya aplikasi pinjaman online seperti sekarang. Hal ini karena masih banyak pinjaman online ilegal yang tindak tanduknya malah merugikan masyarakat. Karena itu, kehadiran pinjaman online OJK menjadi solusi bagi Anda yang sedang membutuhkan dana darurat agar tidak tertipu yang berujung harus membayar dana lebih. Beberapa kriteria pinjaman online tersebut diulas berikut ini:

1. Harus Sudah Terdaftar di OJK 

Sesuai peraturan dari OJK, semua pinjaman online wajib terdaftar di OJK untuk menunjukkan legalitas perusahaan pinjol tersebut jelas dan nasabah mendapat perlindungan. Pinjol yang tidak memenuhi kriteria ini artinya ilegal dan sebaiknya Anda jangan memilih pinjol tersebut.

Selain itu, pinjol yang telah terdaftar di OJK otomatis wajib mematuhi ketentuan, etika dan perilaku sesuai dengan aturan OJK. Hal ini tentunya akan menjamin Anda aman dan terlindungi. 

2. Contact Center Jelas 

Selidiki dulu contact center pinjol apakah jelas atau tidak. Ini penting untuk di kemudian hari jika terjadi masalah, Anda bisa menghubunginya dengan cepat dan mudah. 

Dalam aturannya, OJK juga mewajibkan pemberi pinjaman online memiliki dan menyediakan layanan khusus untuk menyelesaikan permasalahan para nasabahnya. 

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman online, pastikan pilih perusahaan pinjol yang memiliki nomor telepon pengaduan atau layanan pelanggan.

3. Mudah Cek Status Pinjaman 

Banyak penyedia pinjaman online yang mengklaim proses pengajuan dan pencarian cepat. Namun, kenyataannya tidak semua pinjaman online itu cepat. 

Oleh karena itu, saat mengajukan pinjol sebaiknya mengecek status pinjaman yang diajukan, apakah statusnya masih proses, ditolak, atau disetujui. Adanya kriteria ini menunjukkan perusahaan pinjaman online tersebut terpercaya dalam melayani konsumennya.

4. Transparan 

Kelebihan dari teknologi pinjaman online OJK yang tidak bisa dielak yaitu Anda bisa melihat informasi pinjol secara jelas dan transparan karena sifatnya yang online. 

Biasanya aplikasi pinjam uang yang terdaftar OJK akan meletakan kalkulator di laman utama aplikasi untuk menghitung kisaran jumlah pembayaran jika meminjam dengan jumlah tertentu, berapa bunganya, denda keterlambatan dan lain-lain. Demikian Anda akan tahu berapa besaran biaya yang dibebankan saat dana pinjaman online disetujui.

5. Tepat janji 

Sering kali kebanyakan orang tergiur dengan iming-iming pinjaman tanpa syarat yang sering diunggulkan setiap perusahaan pinjol dan janji-janji manis lainnya. Nah, sebagai calon konsumen Anda harus lebih kritis dalam melihat tawaran ini. Apakah janji-janji tersebut hanya manis di mulut atau bisa direalisasikan ketika Anda memang butuh pinjaman. 

Jika Anda mencari pinjaman online yang bukan hanya umbar janji, hanya ada di aplikasi pinjam uang Tunaiku. Pinjaman online yang menawarkan pinjaman dana Rp2 juta sampai Rp20 juta dengan masa tenor 2 bulan sampai 20 bulan.

Tunaiku memberikan pinjaman cepat yang bisa Anda peroleh dengan penyetujuan kurang dari 24 jam. Kemudian pinjaman akan langsung di transfer ke rekening Anda setelah dokumen lulus verifikasi dan kontrak asli ditandatangani. 

Semua proses ini akan terjadi dengan singkat dan efisien asalkan Anda segera melengkapi syarat dokumen yang diminta Tunaiku dengan benar. Tunaiku dapat menjadi solusi untuk Anda yang membutuhkan dana darurat. Semua kemudahan ini bisa Anda dapatkan hanya di aplikasi Tunaiku. ***

Read previous post:
Capaian QS WUR Subject 2021, UGM Peringkat Pertama Sub-bidang Studi Geografi

YOGYA (MERAPI) - Pemeringkatan “Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) by Subject 2021” yang dirilis pada 3 Maret 2021

Close