Ini Syarat Mengajukan Pinjaman Online Paling Lengkap

EKSISTENSI dari pinjaman online terus meningkat. Hal ini tidak terlepas dari kemudahan proses pengajuan dan persyaratan yang diminta. Selain itu, pengajuan pinjaman online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Menariknya lagi, proses pencariannya juga sangat cepat dan akan dikirim langsung ke nomor rekening peminjam.

KTA online juga menjadi salah satu produk layanan yang ditawarkan oleh pinjaman online. Dimana peminjam bisa melakukan pengajuan pinjaman tanpa meminta jaminan. Lalu, apa saja syarat mengajukan pinjaman online?

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Syarat utama yang harus dipenuhi jika akan melakukan pengajuan pinjaman online adalah terdaftar sebagai warga negara Indonesia (WNI). Berstatus WNI atau tidak bisa dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP). Banyak perusahaan pinjaman online yang enggan menerima peminjam yang berstatus warga negara asing (WNA). Hal ini dikarenakan WNA berpotensi tidak melakukan pengembalian dana yang dipinjam.

  1. Minimal Berusia 21 Tahun dan Maksimal 60 Tahun Perlu diketahui jika pinjaman online memiliki peraturan yang lebih longgar jika dibandingkan dengan lembaga keuangan konvensional. Meski begitu bukan berarti siapa saja bisa meminjam uang melalui pinjaman online. Perusahaan pinjaman online tetap memiliki aturan yang harus dipatuhi, salah satunya batasan usia peminjam.

Batasan usia yang diperbolehkan meminjam uang di pinjaman online adalah minimal berusia 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Peminjam yang berusia 21 tahun dianggap sudah matang dan produktif sehingga dipercaya bisa mengembalikan dana yang dipinjam beserta bunganya. Meski pembayaran dilakukan dengan cara mencicil.

  1. Memiliki Pendapatan Setara dengan UMR

Meski prosesnya mudah tetapi perusahaan pinjaman online tidak akan menyetujui pengajuan pinjaman jika yang mengajukan tidak memiliki pekerjaan tetap. Jika ingin mengajukan pinjaman online sebaiknya sudah memiliki pekerjaan tetap dan sudah bekerja setidaknya tiga bulan di sebuah perusahaan.

Sedangkan untuk batas minimum pendapatan yang harus dimiliki calon peminjam yaitu setara dengan upah minimum regional (UMR) kota masing-masing. Biasanya jika pendapatannya dibawah UMR, perusahaan pinjaman online secara otomatis akan menolak pengajuan pinjamannya.

  1. Memberikan Slip Gaji Terakhir
    Syarat yang keempat ini tidak berlaku di semua perusahaan pinjaman online. Hanya beberapa perusahaan saja yang mensyaratkan slip gaji terakhir. Meski tidak diminta tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dari awal.
    Biasanya perusahaan pinjaman online meminta slip gaji terakhir karena akan digunakan untuk menentukan jumlah atau besaran uang pinjaman yang bisa diberikan. Selain itu, juga digunakan untuk menghitung kemampuan calon peminjam dalam melunasi pinjaman tersebut.
  2. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Syarat mengajukan pinjaman online selanjutnya adalah memiliki NPWP. NPWP ini akan digunakan sebagai sumber utama perusahaan pinjaman online untuk mengetahui berapa besarnya pendapatan yang dimiliki calon peminjam setiap bulannya. Hal ini akan mempermudah pihak perusahaan dalam menentukan calon peminjam layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

  1. Memiliki Rekening Bank yang Sesuai dengan KTP
    Syarat mengajukan pinjaman online yang terakhir adalah memiliki rekening bank yang sesuai dengan KTP. Syarat ini wajib dipenuhi oleh calon peminjam. Perusahaan pinjaman online tidak akan menyetujui pengajuan pinjaman jika rekening bank yang digunakan berbeda dengan KTP.

Itulah 6 syarat mengajukan pinjaman online paling lengkap. Bisa dibilang syarat-syarat yang diminta sangat mudah untuk dipenuhi. Pastikan juga untuk memilih aplikasi pinjaman terbaik yang kredibel dan terpercaya seperti Tunaiku. Aplikasi ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga legalitasnya sudah terjamin.

Aplikasi pinjaman terbaik ini juga menyediakan layanan pinjaman yang cepat dan mudah. Para pemula yang baru dalam dunia pinjaman online juga bisa dengan mudah menggunakan Tunaiku. Didukung dengan user interface mudah dan layanan konsumen yang responsif. (*)

Read previous post:
Pengadaan Lahan RTHP Ditunda

Close