Pembayaran via Kode QR Digencarkan

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pembayaran dengan menggunakan sistem Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dapat digunakan oleh seluruh kalangan, tak terkecuali pedagang di pasar. Hal ini demi mendorong perekonomian.

Deputi Direktur Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Miyono mengatakan, sistem kode QR merupakan integrasi ekonomi keuangan digital hingga di level mikro. “Apapun dompet elektronik yang dimiliki, bisa langsung digunakan. Kini orang bisa melakukan pembayaran pada penjual pecel hanya dengan scan sistem QRIS yang sudah disediakan pedagang,” terangnya kepada wartawan di Gedung BI Kanwil DIY, Senin (19/8).

Sebelumnya BI meluncurkan QRIS untuk pembayaran melalui aplikasi dompet elektronik, mobile bankin, dan uang elektronik server based, Sabtu (17/8) di Jakarta, efektif digunakan Januari 2020 mendatang. Sistem QRIS sangat unggul, langsung dan mudah digunakan, universal dan memiliki banyak keuntungan. Mudah hanya bermodal gawai dengan koneksi internet dan dompet elektronik yang sudah dimiliki. Universal karena dapat digunakan semua kalangan, pedagang besar maupun UMKM, bersifat langsung dan real time.

Konsumen tidak dipungut biaya, dompet elektronik yang sudah dimiliki seperti Gopay, OVO, LinkAja, Dana dan lainnya terintegrasi dengan QRIS dan bisa digunakan secara langsung. Pedagang akan dikenakan biaya sangat minim, maksimal 0,7 persen dari transaksi sebagai biaya karena memudahkan mereka mengumpulkan pembayaran. Digratiskan bagi merchant yang bergerak di bidang sosial. Untuk SPBU yang telah disubsidi pemerintah biaya 0,4 persen dan pendidikan 0,6 persen.

“Secara nasional berlaku per 1 Januari 2020, selama menunggu akan dilakukan transisi persiapan jasa sistem pembayaran. Keamanan dijamin karena Bank Indonesia sebagai bank sentral selalu melakukan upaya terbaik,” ungkap Miyono.

Ke depan, Bank Indonesia akan mengembangkan QRIS agar bisa transaksi di luar negeri (outbond). “Implementasi dilakukan domestik dulu, selanjutnya akan lebih luas lagi,” imbuh Miyono. (C-4)

Read previous post:
Warga Prawirodirjan Resah Banyak Rumah Disewakan untuk Home Stay

GONDOMANAN (HARIAN MERAPI) - Warga di wilayah Kelurahan Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta resah dengan keberadaan rumah warga yang disewakan dan lalu

Close