Hidup Sederhana

HIDUP sederhana dalam pandangan Islam berarti membebaskan segala ikatan yang tidak diperlukan dalam rangka meraih kebahagiaan dunia akhirat. Berbeda dengan kemiskinan, kesederhanaan merupakan suatu pilihan, keputusan untuk menjalani hidup yang berfokus pada apa yang benar-benar berarti. Hidup sederhana merujuk kepada sejumlah praktik sukarela untuk menyederhanakan hidup pada diri seseorang. Hendaknya kita semua mampu mengendalikan hawa nafsu kita, sehingga tidak diperdayakan oleh kehidupan dunia yang penuh dengan kemewahan, kelezatan dan kesenangan yang dapat membutakan hati dan perasaan. Firman Allah SWT : “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Baqarah, 2 : 195). Juga firman-Nya: “ Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS. Al-Isra’, 17 : 27). Menikmati kehidupan sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik dan bertentangan dengan nilai-nilai agama Islam.

Ada banyak pola hidup sederhana sebagaimana dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW, seperti tidak bermewah-mewah dalam mendekorasi rumah, makan dan minum seadanya, memiliki pakaian secukupnya saja, berbelanja sesuai kebutuhan, menggunakan barang hanya sesuai dengan fungsinya saja, tidak mudah terpengaruh yang lagi ngepop dan hal-hal yang viral, hemat dalam pengeluaran pribadi dan boros ketika beramal, hanya mengganti barang ketika barang tersebut memang sudah rusak, banyak menggunakan kendaraan umum ketika bepergian, dan sebagainya. Banyak manfaat yang dapat diambil ketika seseorang menerapkan hidup sederhana, baik untuk dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya; Pertama, menerima hidup apa adanya. Orang yang hidup sederhana adalah mereka yang hidup apa adanya dan tidak mengada-ada apa yang tidak dimiliki. Manfaat orang yang hidup sederhana adalah hidup tenang karena dapat menerima apapun ketetapan Allah atas dirinya. Namun mereka ini tidak hanya pasrah pada keadaan tapi juga senantiasa berusaha memperbaiki kehidupannya dengan penuh kesabaran dan ketaatan.

Kedua, senantiasa bersyukur atas apa yang dimiliki. Hidup sederhana tidak hanya baik untuk pengelolaan keuangan saja namun juga untuk kebutuhan mental spiritual seseorang. Mereka yang hidup sederhana lebih tenang karena tidak memilki keinginan untuk memiliki sesuatu yang di luar batas kemampuannya sehingga dalam pikiran pun tidak ada yang membebani. Karenanyalah, mereka selalu bersyukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan tidak menuntut berlebihan. Ketiga, tidak berlebihan pada sesuatu. Orang yang hidup sederhana dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Namun demikian ini bukan berarti bahwa orang yang hidup sederhana itu pelit alias tidak melihat kualitas. Mereka tidak mudah diiming-imingi oleh iklan dan sejenisnya yang terkadang tidak sesuai dengan kenyataannya. Mereka melaksanakan prinsip-prinsip teliti sebelum membeli dan membeli sesuatu sebatas kemampuan.

Keempat, hidup lebih tenang karena tidak diperbudak oleh keinginan. Mereka yang hidup glamor dan berfoya-foya pastinya sering merasa tidak tenang dalam hidupnya apalagi jika barang yang diinginkannya belum dimiliki.Lain halnya dengan mereka yang tidak Karena pikiran yang lebih tenang karena tidak ada masalah pada otaknya maka orang yang hidup sederhana biasanya juga memiliki perangai yang sangat baik di kehidupan masyarakat. Kelima, selalu rendah hati dan brsikap sosial. Meskipun seseorang memiliki banyak keunggulan, tetapi dia bisa menempatkan dirinya secara tepat dengan tidak sombong, ujub, dan bangga diri. Demikian juga sikap sosial akan semakin tumbuh dan berkembang, dengan banyak melakukan kerja-kerja kemanusiaan dan banyak bersedekah.
Demikianlah ulasan mengenai makna dan manfaat hidup sederhana. Tentu saja semua orang hendaknya mengaplikasikan hidup sederhana sejak dini supaya dapat menjadi kebiasaan hingga usia senja nanti. Semoga! ***

Read previous post:
Petani Bantul Berjuang Tetap Panen Meski Jamur Serang Tanaman Cabai

SANDEN (MERAPI) - Pemicu mahalnya harga cabai dalam bebewapa waktu terakhir salah satunya karena sebagian petani gagal panen. Penyebabnya wabah

Close