Hasad

Hasad adalah merasa tidak suka dengan nikmat yang telah Allah berikan kepada orang lain. Bukanlah definisi yang tepat untuk hasad adalah mengharapkan hilangnya nikmat Allah dari orang lain, bahkan semata-mata merasa tidak suka dengan nikmat yang Allah berikan kepada orang lain itu sudah terhitung hasad baik diiringi harapan agar nikmat tersebut hilang ataupun sekadar merasa tidak suka. Demikianlah hasil pengkajian yang dilakukan oleh Syaikul Islam Ibnu Taimiyyah. Beliau menegaskan bahwa definisi hasad adalah merasa tidak suka dengan nikmat yang Allah berikan kepada orang lain. Hasad selain membahayakan hati juga berbahaya bagi badan, dan merusak agama seseorang. Hasad bertolak belakang dengan iman yang sempurna. Nabi bersabda, “Kalian tidak akan beriman hingga menginginkan untuk saudaranya hal-hal yang dia inginkan untuk dirinya sendiri.” (HR Bukhari dan Muslim).

Karena besarnya permasalahan hasad ini maka Allah SWT dan Rasulullah Muhammad SAW memberikan perhatian secara khusus dan melarang dengan sangat tegas dari perbuatan itu. Hasad, selain membuat sakit diri sendiri juga membuat sakit orang lain, dan itu hukumnya haram. Allah SWT berfirman, tentang orang yang menyakiti orang mukmin, “Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mu’min dan mu’minat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata”. (QS. al-Ahzab: 58). Juga mencela orang yang berbuat hasad, “Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya.” (QS. An-Nisaa: 54). Allah SWT secara khusus memerintahkan kita agar berlindung dari orang hasad sebagaiman dalam firman-Nya, artinya, “Dan (aku berlindung) dari kejahatan orang dengki apabila ia dengki.” (QS. al-Falaq:5).

Di antara yang menyebabkan munculnya sifat hasad adalah: permusuhan dan kebencian, sombong dan ujub, cinta jabatan dan gila hormat, dan jiwa yang buruk lagi bahil. Adapun efek negatif dari sifat hasad adalah: (1) sakit hati sehingga mengharapkan agar nikmat yang diperoleh seseorang hilang, (2) merasa senang jika orang lain yang dibenci tertimpa musibah, (3) menjauhi, memusuhi dan memutus hubungan, dan (4) meremehkan dan menjatuhkan orang lain. Akar permasalahan dari adanya permusuhan (yang berakibat saling menjatuhkan) adalah karena ada satu hal atau satu tujuan yang diperebutkan oleh banyak orang yang berkepentingan. Makanya hasad biasanya terjadi antar orang yang seprofesi atau sejawat, yang muara seluruh permasalahan di atas adalah cinta dunia yang berlebihan. Dunia itu sempit dan sangat terbatas, sehingga kalau orang berebut dengan segenap kerakusannya akan semakin terasa sempit. Oleh karena itu cintailah akhirat karena akhirat itu luas dan persaingan urusan akhirat itu tidak akan mendatangkan kedengkian atau kebencian selamanya.

Upaya untuk membuang sifat hasad adalah banyak berdoa meminta karunia Allah. Orang yang hasad selalu memikirkan nikmat yang ada pada orang lain sehingga tidak pernah berdoa meminta karunia Allah padahal Allah ta’ala berfirman, “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi Para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.” (QS. An-Nisa’: 32). Cara lain yang bisa dilakukan adalah belajar mensyukuri karunia Allah seberapapun besar atau kecilmya. Orang yang pandai bersyukur kepada Allah tidak akan menghabiskan waktu dan fikirannya untuk mendengki orang lain. Di akan syukur dan belajar hidup qonaah, tanpa harus menghitung-hitung kenikmatan orang lain. ***

Read previous post:
MERAPI-ANTARA Salah satu truk pasir yang nekat melanggar larangan melintas di jalur evakuasi bencana erupsi Gunung Merapi.
Sering Dilewati Truk Pasir, Jalur Evakuasi Merapi Rusak

CANGKRINGAN (MERAPI) - Sejumlah jalur evakuasi bencana erupsi Gunung Merapi di Kecamatan Cangkringan, kondisinya saat ini rusak parah diduga akibat

Close