Begadang Atau I’tikaf

Oleh : Ustadz Iip Wijayanto

“Carilah lailatul qadr di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan.” {H.R.Bukhari}

SEPULUH malam terakhir di bulan Ramadan, para da’i banyak mengupas topik seputar lailatul qadr. Lailatul qadr adalah sebuah malam yang nilai ibadahnya setara dengan seribu bulan (lailatul qadri khairummin alfisahr). Sebagian Ulama menafsirkan bahwa ibadah di malam al-qadr itu, setara dengan orang yang beibadah selama seribu bulan (sekitar 83-84 tahun). Nilai sepuluh malam terakhir…dan malam-malam ganjil diketahui dari hadiest di awal tulisan ini. Banyak masjid yang kemudian mengorganisir kegiatan i’tikaf tadi dengan tujuan agar masjid-masjid selalu makmur diisi oleh jama’ah yang beribadah, pagi, siang dan malam.

Nah, semangat untuk menemukan malam al qadr itu sungguh sesuatu yang sangat baik dan mulia. Bayangkan saja, kita di zaman ini umurnya rata-rata antara 60-70 tahun. Bandingkan dengan ummat di zaman Nabi Adam AS yang usianya rata-rata mencapai 1000 tahun. Artinya, usia ummat manusia di zaman kita ini, hanya 1/10 usia ummat terdahulu. Dengan usia yang hanya 1/10 dari usia ummat-ummat terdahulu, ummat di zaman Nabi Muhammad SAW diberikan keistimewaan untuk dapat meraih kemuliaan melamapaui ummat-ummat terdahulu. Salah satunya dengan ibadah pada suatu malam yang lebih utama daripada 1000 bulan, yakni malam al-qadr.

Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan yang mulia itu. Matikan dulu handphone (gadget) yang untuk handphone kita sanggup menghabiskan begitu banyak waktu. Istirahatkan televisi. Dan kita datangi Masjid-masjid untuk melaksanakan i’tikaf agar fokus dan lebih semangat. Jika di rumah mungkin, duduk berdzikir satu jam sudah terasa mengantuk. Namun jika di Masjid, melihat yang lain tetap semangat untuk beribadah…maka semoga juga terjaga semangatnya.

Imam Al-Kasani rahimahullah berkata: “ I’tikaf yang paling afdhal adalah di masjidil harom,kemudian masjid nabawi di madinah, kemudian masjid al-aqsho, kemudian masjid (selain ke tiga masjid utama tersebut) yang banyak jama’ahnya).” (Badhai’us Shanai’,2/113). Semoga bermanfaat. Wallahu A’lamu bishawwab.

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Ilustrasi
ASN Sukoharjo Sudah Terima THR

SUKOHARJO (MERAPI) - Sebanyak sembilan ribu aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Sukoharjo sudah menerima pembayaran tunjangan hari raya (THR) Idul

Close