• Senin, 29 November 2021

Risiko Jadi Selebgram

- Selasa, 16 Juni 2020 | 20:19 WIB
C-17-JUNI-2020
C-17-JUNI-2020

 

MENJADI selebritis tentu ada konsekuensinya. Setiap perilakunya bakal disorot publik. Terlebih bila selebritis itu aktif tampil di media sosial, baik itu FB, Twitter, WA dan lainnya. Akan banyak netizen yang memberi komentar, baik positif maupun negatif. Untuk yang disebut terakhir ini harus lebih hati-hati. Sebab, salah-salah bisa berujung ke tuntutan hukum.

Seperti dialami Selebgram Jodilee Norma Warwick (24), warga Purwomartani, Kalasan Sleman, terpaksa melaporkan dua akun instagram ke Polda DIY lantaran dinilai telah mencemarkan nama baiknya. Jodilee merasa terhina dengan komentar dua akun tersebut. Bahkan, salah satu akun tersebut malah menjelek-jelekkan orangtuanya, sehingga Jodilee merasa syok dan melapor ke polisi.

Menurut pengacara Jodilee, pelaporan tersebut sekaligus untuk memberi pelajaran kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menggunakan medsos. Persoalan bermula ketika Jodilee mengunggah video joget-joget di media sosial Tiktok di instagram pribadinya. Unggahan tersebut langsung mendapat reaksi beragam dari netizen.

Tindakan Jodilee melaporkan akun yang dianggap menghinanya adalah fenomena yang biasa dalam dunia maya. Ketika seseorang merasa dihina dan martabatnya direndahkan, ia akan bereaksi, baik dalam bentuk bantahan, perlawanan atau langsung lapor polisi. Itu adalah hak setiap orang untuk melakukan pelaporan ke polisi. Soal apakah tindakan netizen masuk kategori pencemaran nama baik atau tidak, tergantung hasil pemeriksaan penegak hukum.

Dalam beberapa kasus, penyelesaian sengketa di medsos bisa dilakukan secara kekeluargaan tanpa harus ke polisi. Ini terjadi bila orang yang merasa dihina telah memberi maaf kepada netizen. Tapi ada pula yang cuek, dihina seperti apapun akan diam, malah namanya menjadi makin populer lantaran viral di media sosial.

Dalam kasus pencemaran nama baik atau penghinaan maupun fitnah, sepenuhnya tergantung pada yang bersangkutan untuk melapor atau tidak melapor. Sebab, deliknya bersifat aduan. Artinya, kalau orang yang merasa dihina tidak mengadu ke polisi maka kasusnya tidak akan diproses lebih lanjut. Kasus yang menimpa Jodilee sebenarnya bisa menimpa siapa saja, termasuk orang biasa yang bukan selebriti. Adalah hak setiap orang untuk tidak dihina atau direndahkan martabatnya.

Karena itu, berhati-hatilah ketika Anda aktif di medsos. Ungkapan bijak patut diperhatikan: saring dulu sebelum sharing, jarimu harimaumu. UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UTE) bakal menjerat mereka yang mencemarkan nama baik atau menghina orang lain. (Hudono)

Editor: admin_merapi

Terkini

Lima Ujian yang Dihadapi Hidup Orang Beriman

Jumat, 26 November 2021 | 05:00 WIB

Misteri Dukun Sianida, Jagal 4 Nyawa di Magelang

Selasa, 23 November 2021 | 11:30 WIB

Empat Macam Kedudukan Anak dalam Al Quran

Senin, 22 November 2021 | 04:36 WIB

Nirina Zubir Kecewa, Jurnalisme TvOne Dipertanyakan

Jumat, 19 November 2021 | 11:30 WIB

Dampak Perubahan Iklim Mulai Terasa

Kamis, 18 November 2021 | 10:32 WIB
X