• Rabu, 26 Januari 2022

Tipuan Pengembang Perumahan

- Selasa, 12 Maret 2019 | 21:09 WIB
C12FEB2019
C12FEB2019


-
ilustrasi

KEBUTUHAN perumahan di DIY terus meningkat. Tentu ini menjadi lahan subur bagi pengembang perumahan. Mereka berusaha menarik minat konsumen untuk membeli perumahan dengan berbagai kemudahan, mulai dari uang muka hingga cicilan pembayaran. Iklan pun disebar melalui berbagai media, baik media konvensional maupun media sosial (medsos). Tapi dari sekian banyak pengembang, ada saja yang nakal, bahkan semua yang ditawarkan fiktif.

Agaknya inilah yang dilakukan AW (50), warga Ungaran Timur Semarang. Ia berhasil memperdaya setidaknya 9 orang untuk membeli rumah yang ia tawarkan. Sekurangnya ia telah meraup Rp 2,4 miliar dari calon konsumennya. Namun, apa yang terjadi kemudian ? Tak ada satupun yang memperoleh rumah seperti dijanjikan AW. Bahkan, lokasi yang ditawarkan AW fiktif. Jika demikian, apakah ini karena kelihaian AW dalam memperdaya korban, atau memang korbannya yang teledor ? Baleh jadi keduanya.

Atas laporan korban, AW akhirnya berhasil dibekuk dan mengaku uang setoran korban telah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Mengapa dengan mudahnya korban terkecoh janji-janji AW. Boleh jadi, tawaran AW sangat menggiurkan. Bahkan, dia menyebar brosur di semua tempat, termasuk di bandara. Tak hanya itu, ia juga tampil di seminar-seminar. Tak tahunya semua hanya fiktif belaka. Korban umumnya berasal dari luar Yogya. Mungkin mereka ingin berinvestasi atau membelikan rumah untuk anaknya.

Modus yang digunakan AW sebenarnya sangat sederhana. Konsumen saja yang tidak cermat dan gampang percaya. Padahal, untuk membeli properti seperti perumahan, masyarakat harus cek lapangan, benar tidak informasi yang ditulis di brosur. Setelah itu dicek track record pengembangnya, bermasalah atau tidak. Setelah itu baru harganya.

Halaman:

Editor: admin_merapi

Terkini

Membunuh Gara-gara Adik Ipar Dihamili, Apa Urusannya

Senin, 24 Januari 2022 | 16:49 WIB

Suami Bunuh Istri Gara-gara Ingin Poliandri

Minggu, 23 Januari 2022 | 06:00 WIB

Tak Gampang Selamatkan Teman Tenggelam

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:30 WIB

Ritual Menyesatkan Sang Dukun Cabul

Senin, 17 Januari 2022 | 10:30 WIB

Anugerah dan Bencana Kala Omicron Mendunia

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:30 WIB

Waspada, Predator Seksual Berwajah Dukun Cabul

Jumat, 14 Januari 2022 | 11:00 WIB
X