• Jumat, 30 September 2022

Berbagai penyebab eksternal kenakalan anak dan remaja, di antaranya pola asuh pendidikan yang kurang tepat

- Jumat, 29 Juli 2022 | 05:30 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si (Dok. Pribadi)

HARIAN MERAPI - Faktor eksternal yang besar pengaruhnya terhadap anak-anak dan remaja dengan kriminalitas adalah keluarga dalam hal ini kondisi lingkungan keluarga.

Kondisi lingkungan keluarga pada masa perkembangan anak dan remaja telah lama dianggap memiliki hubungan dengan munculnya perilaku antisosial dan kejahatan yang dilakukan oleh remaja.

Beberapa penelitian mengenai perkembangan kenakalan dan kriminalitas pada remaja, ditemukan bahwa tindak kriminal disebabkan adanya pengalaman pada pengasuhan yang buruk.

Baca Juga: Pembinaan sepanjang rentang kehidupan manusia sebagai faktor utama Penguatan Ketahanan Keluarga Modern

Ketiga pola asuh orang tua terhadap anak yaitu pola asuh authoritarian, permissive, dan univolved ini menyebabkan seorang anak berperilaku anti sosial.

Pada pola asuh authoritarian, orang tua menerapkan disiplin yang sangat kaku dan terkadang penuh dengan kekerasan, tidak jarang anak mengalami pengasuhan yang buruk,

kasar, menyia-nyiakan dan ada kekerasan di dalam keluarga saat anak dalam masa perkembangan awal anak-anak, maka anak akan memiliki harga diri yang rendah.

Tidak hanya itu, anak juga akan mengembangkan perilaku kekerasan tersebut pada saudaranya dan juga mengembangkan perilaku antisosial.

Pola asuh otoriter yang diberikan oleh orang tua atau sikap negatif yang ditunjukkan oleh orang tua berupa kedisiplinan yang keras,

kemarahan dan kekerasan yang ditunjukkan orang tua dalam pengasuhan sangat berpengaruh terhadap perilaku antisosial remaja.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tawakal gapai harapan hidup yang lebih baik

Jumat, 23 September 2022 | 05:52 WIB

Keteladanan Rasulullah Muhammad SAW dalam pembinaan umat

Sabtu, 17 September 2022 | 07:14 WIB

Agama Islam sebagai Agama Samawi

Selasa, 13 September 2022 | 06:47 WIB

Beragama secara dewasa dan proporsional

Sabtu, 10 September 2022 | 06:42 WIB

Lima syarat taubat nasuha, salah satunya ikhlas

Minggu, 4 September 2022 | 06:25 WIB
X