• Selasa, 16 Agustus 2022

Waspada Modus Penipuan Lewat Medsos

- Kamis, 2 Juni 2022 | 11:30 WIB
Ilustrasi keamanan data di media maya.  (Pexels)
Ilustrasi keamanan data di media maya. (Pexels)

PENGARUH media sosial (medsos), seperti instagram, twitter, FB, dan sebagainya sungguh luar biasa. Perangkat teknologi informasi ini bisa digunakan untuk apa saja, dari hal-hal yang bersifat positif hingga negatif, bahkan bisa digunakan untuk menipu.

Medsos hanyalah alat, sehingga tergantung siapa yang menggunakannya dan untuk keperluan apa. Bahkan, anak-anak sudah pandai memanfaatkan medsos untuk menjalin pertemanan. Bahayanya, bila salah pilih teman, dikiranya orang baik, ternyata sebaliknya.


Medsos juga potensial digunakan untuk melakukan penipuan dengan berbagai modus, sehingga masyarakat harus waspada.

Baca Juga: Ternyata Begini Hukum Islam Bagi Wanita yang Menjadi Pedagang

Baru-baru ini dua bocah asal Semarang ditemukan telantar di Pantai Congot Kulon Progo. Bersama IK (16), kakaknya yang masih remaja, mereka kemudian diamankan di kantor kepolisian setempat.

Kedua bocah tersebut ternyata diajak sang kakak untuk bertemu dengan cowok di Pantai Congot. Namun setelah bertemu dengan cowok tersebut, mereka ditinggal begitu saja hingga telantar, untung ada yang peduli hingga mereka ditolong polisi.

Kasus ini memang agak aneh, mengapa mereka berada di tempat tersebut. Ternyata remaja putri asal Semarang yang mengajak dua adiknya itu telah dibohongi laki-laki mengaku bernama Dimas yang dikenalnya melalui FB.

Baca Juga: Prediksi Horoskop Harian Shio Anjing Kamis 2 Juni 2022 Hari ini, Luangkan Waktu untuk Mengungkapkan Perasaan

Entah mengapa remaja putri ini kemudian mengajak dua adiknya yang masih berumur sembilan tahun dan empat tahun ketika memenuhi ajakan si laki-laki itu untuk ketemuan di Pantai Congot. Selanjutnya, ketika ditinggal begitu saja, mereka bingung hingga telantar.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wanita di Lingkaran Irjen Ferdy Sambo

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:00 WIB

'Jangan Sampai Tiga Kali'

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Gara-gara bakar sampah sembarangan berujung bui

Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:00 WIB

Siapa dalang di balik terbunuhnya Brigadir J ?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:23 WIB
X