• Kamis, 30 Juni 2022

Memburu Harun Masiku, Menampar Muka Penegak Hukum

- Senin, 23 Mei 2022 | 10:30 WIB
Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto. A (NTARA/HO-Humas KPK)
Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto. A (NTARA/HO-Humas KPK)



MASIH ingat Harun Masiku ? Ya, dialah buron paling dicari saat ini. Sayangnya, seiring perjalanan waktu, mantan caleg dari PDIP itu belum juga tertangkap.

Ia adalah tersangka kasus suap penetapan anggota DPR RI terpilih tahun 2019-2024. Harun masuk daftar pencarian orang (DPO) sejak Januari 2020.

Ke mana gerangan yang bersangkutan ? Mengapa pula aparat penegak hukum belum berhasil menangkap ? Untuk itulah Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto meminta bantuan masyarakat untuk mencari keberadaan Harun Masiku. Atau, paling tidak, melaporkan ke KPK bila menemukan orang yang mirip dengan dia.

Baca Juga: Tri Saktiyana Jadi Penjabat Bupati Kulon Progo, Wanti-Wanti Tak Ada Setoran ke Atasan

KPK sendiri mengaku sampai saat ini tidak tahu lokasi persembunyian Harun Masiku. Menurut Karyoto, kalau sudah diketahui keberadaannya pasti akan ditangkap.

Di balik pernyataan itu, masyarakat pun masih bertanya, apa sulitnya bagi KPK mencari Harun Masiku, karena lembaga penegak hukum ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana lengkap untuk mendeteksi keberadaan yang bersangkutan.

Spekulasi pun berkembang di masyarakat, misalnya, apakah Harun Masiku sengaja dibiarkan karena memegang kunci untuk mengungkap aktor-aktor besar yang terlibat dalam suap penetapan anggota DPR terpilih periode 2019-2024 ?

Baca Juga: Dua Pelajar Pemilik Sajam Jadi Tersangka, Polisi Pastikan Proses Hukum Jalan Terus

Namanya saja spekulasi, masih harus diuji kebenarannya. Tapi, paling tidak, aparat penegak hukum harus menunjukkan keseriusannya menangkap Harun Masiku, sehingga tidak muncul kesan melindungi yang bersangkutan.

Lebih dari itu, menjelang Pemilu 2024, semua akan dikaitkan dengan politik, termasuk soal keberadaan Harun Masiku, jangan-jangan ini terkait dengan agenda politik 2024 ? Lagi-lagi, semua masih dalam tahap spekulasi. Padahal, seharusnya, kasus Harun Masiku adalah terkait dengan hukum, yakni tersangka yang melarikan diri.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kakek Cabuli Dua Bocah, Ini Akibatnya

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:30 WIB

Jam Malam Anak, Cegah Kejahatan Jalanan

Senin, 27 Juni 2022 | 09:30 WIB

Bentuk Fisik Rasulullah, Ini Menurut Para Ulama

Minggu, 26 Juni 2022 | 07:00 WIB

Pengaruh Budaya Suap pada Aqidah Muslim

Rabu, 22 Juni 2022 | 06:50 WIB
X