• Senin, 27 Juni 2022

Enam Hikmah Syukur Nikmat, Salah Satunya Terhindar dari Penyakit Hati

- Senin, 16 Mei 2022 | 05:30 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Syukur secara bahasa adalah berterima kasih. Menurut istilah syukur adalah memberikan pujian kepada yang memberi kenikmatan

dengan sesuatu yang telah diberikan kepada kita berupa perbuatan ma'ruf, dalam pengertian tunduk dan berserah diri kepada-Nya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan pujian kepada hamba-Nya yang tidak pernah lalai dalam mensyukuri nikmat-Nya sebagaimana firman-Nya :

Baca Juga: Pemimpin yang Zalim 56: Saat Pesta Miras, Ada yang Mengaku Telah Membunuh Seorang Perempuan

“Dan demikianlah telah Kami uji sebahagiaan mereka (orang-orang kaya) dengan sebahagiaan mereka (orang-orang miskin), supaya (orang-orang yang kaya itu) berkata :

“Orang-orang semacam inikah di antara kita yang diberi anugerah Allah kepada mereka?” (Allah berfirman) : ”Tidakkah Allah lebih mengetahui tentang orang-orang yang bersyukur kepada-Nya”. (QS. Al-An’am; 6:53).

Sabda Rasulullah Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam : "Hendaklah tiap orang dari kalian berhati yang bersyukur dan lisan yang selalu mengingat." (HR. Turmudzi dan Ibnu Majah).

Berikut beberapa hikmah dan manfaat yang diperoleh seseorang jika bersyukur dengan segala pemberian Allah Subhanahu Wa Ta’ala;

Baca Juga: Cerita Lucu Belanja dengan Voucher Gratis Kok Masih Bayar dan Penasaran Menu Ayam Patah Hati di Warung Steak

Pertama, hidup penuh keberkahan, sebagaimana firman-Nya : “Sesungguhnya Kami telah memberikan hikmah kepada Lukman, yaitu nikmat syukur kepada Allah.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Kunci Masuk Surga

Senin, 20 Juni 2022 | 05:30 WIB

Keadilan Sosial, Konsep dan Nilai Positifnya

Jumat, 3 Juni 2022 | 06:08 WIB
X