• Senin, 27 Juni 2022

Puasa Sebulan Penuh Sarana untuk Meraih Jiwa Pemaaf, Salah Satu Kriteria Calon Penghuni Surga

- Senin, 2 Mei 2022 | 05:00 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Dendam atau amarah bukanlah sikap yang dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh seseorang.

Sebaliknya justru akan membuat permasalahan yang dihadapi bertambah rumit, menyiksa diri dan melemahkan ikatan persaudaraan.

Berjiwa pemaaf yang ujudnya mudah menahan marah dan memaafkan kesalahan orang lain memang tidak mudah, perlu untuk dilatihkan setiap saat.

Baca Juga: Pemimpin yang Zalim 42: Calon Istri Jadi Korban Pembunuhan, Calon Suami Ikut Diinterogasi Polisi

Puasa Ramadhan 1443 H yang baru saja kita lakukan sebulan penuh merupakan salah satu sarana untuk meraih jiwa pemaaf ini, yang merupakan salah satu ciri orang yang suka berbuat kebajikan.

Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala. “…dan memaafkan (kesalahan) orang. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran,3:134).

Memang dalam ajaran Islam seseorang diperbolehkan untuk menuntut balas terhadap kejahatan yang ditimpakan kepadanya dengan balasan yang serupa.

Namun memaafkan merupakan sikap yang jauh lebih baik dan lebih mulia daripada membalas kejahatannya meski dengan balasan yang serupa (QS. Ash-Shura, 42 : 40 dan 43).

Al-Quran secara tegas juga memberitakan bahwa salah satu kriteria calon penghuni surga adalah orang-orang yang mampu menahan amarah dan mudah memberikan maaf atas
kesalahan orang lain.

Baca Juga: Mataram Melawan Bang Wetan 1: Para Bupati Mengabaikan Nasihat Sunan Giri Tetap Ingin Melakukan Perlawanan

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Kunci Masuk Surga

Senin, 20 Juni 2022 | 05:30 WIB

Keadilan Sosial, Konsep dan Nilai Positifnya

Jumat, 3 Juni 2022 | 06:08 WIB
X