• Senin, 23 Mei 2022

Tiga Penyebab Frustrasi dan Berbagai Solusi Penyelesaiannya, Salah Satunya Berbicara pada Orang Lain

- Rabu, 12 Januari 2022 | 06:25 WIB
 Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Penyebab frustrasi dapat dibagi ke dalam tiga kelompok permasalahan; yaitu : Pertama, frustrasi yang disebabkan lingkungan.

Frustrasi, terhambatnya atau tercegahnya upaya mencapai tujuan kerap kali menjadi penyebab agresi. Ketika seorang pelajar gagal menunjukkan prestasi maksimalnya, ia akan merasa sedih, marah, dan bahkan depresi.

Dalam keadaan seperti itu, besar kemungkinan ia akan menjadi frustrasi dan mengambil tindakan-tindakan yang bernuansa agresi, seperti penyerangan terhadap orang lain.

Baca Juga: Cerita Hidayah, Lalai dalam Hal Waktu Maka Rezeki yang Sudah di Depan Mata pun Menjauh

Kondisi ini menjadi mungkin dengan pemikiran bahwa agresi yang dilakukannya itu akan mengurangi emosi marah yang dialaminya.

Hambatan lingkungan dapat menggagalkan pencapaian atau pemuasan motif, dengan membuat suatu keadaan sulit atau tidak mungkin bagi seseorang untuk mencapai tujuan.

Hambatan ini dapat berupa sesuatu yang nyata, seperti pintu yang terkunci atau kekurangan uang, atau orang lain yang mencegah kita seperti orangtua, polisi atau guru, tetapi dapat juga berupa sesuatu yang tidak kasat mata, seperti kepandaian yang terbatas dan sejenisnya.

Kedua, frustrasi pribadi. Tujuan yang tidak dapat tercapai dapat menjadi sumber penting dari frustrasi. Ini dapat terjadi karena tujuan-tujuan ini melebihi kemampuan manusia itu sendiri laksana pungguk merindukan bulan.

Baca Juga: Cerita Misteri Memiliki Nafsu Birahi Berlebih Menjadikan Jin sebagai Pasangan Pilih Tanding di Atas Ranjang

Misalnya, seorang anak mungkin diajari untuk berkeinginan mencapai tingkat sekolah yang lebih tinggi, tetapi kurang mampu untuk membuat prestasi yang baik.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Pengembangan Sifat Bawaan Manusia

Jumat, 20 Mei 2022 | 06:03 WIB

Etos Kerja dalam Islam

Sabtu, 14 Mei 2022 | 05:30 WIB

Pernyataan Keimanan dalam Tuntunan Islam

Jumat, 6 Mei 2022 | 06:38 WIB
X