• Kamis, 26 Mei 2022

Berbagai Pola Perilaku Agresif Remaja, Salah Satunya Agresi Fisik Bertujuan Merugikan Seseorang

- Minggu, 2 Januari 2022 | 05:00 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerpi.com - Perilaku agresif dapat diekspresikan dalam tiga kelompok. Pertama, agresi fisik yaitu aktivitas yang dilakukan secara sengaja dan bertujuan merugikan dan atau merusak fisik seseorang, binatang atau objek-objek lain.

Seperti: menendang, meninju, menembak, melempar, merusak jendela, membanting pintu, dan lainnya.

Kedua, agresi verbal yaitu penggunaan kata-kata untuk merugikan atau menyakiti orang lain, baik yang dilakukan dengan perkataan maupun tulisan. Contoh dari bentuk agresi ini adalah: ancaman, ejekan, sumpah serapah, dan bentuk lainnya.

Baca Juga: Doa Ibu yang Terkabulkan 4: Masa Remaja adalah Masa Mencari Identitas tapi Malah Salah Pergaulan

Ketiga, agresi relasional yaitu perilaku untuk merusak/menyakiti orang lain dengan tujuan merusak hubungan sosial, persahabatan, atau pun bentuk hubungan lainnya.

Contoh-contoh yang bisa ditunjukkan adalah menyebar gosip dan mengasingkan seseorang.

Shchiffman & Kamuk, selanjutnya membagi ketiga kelompok agresi ini dalam beberapa bentuk; yaitu : Pertama, gertakan (bullying) adalah perilaku agresif atau manipulasi yang dapat berupa kekerasan fisik, verbal, atau psikologis; dengan sengaja dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang merasa kuat/berkuasa dengan tujuan menyakiti atau merugikan seseorang atau sekelompok orang yang merasa tidak berdaya.

Elemen-elemen utama yang menjadi ciri bullying adalah ketidakseimbangan power, di mana pelaku merasa memersepsikan dirinya memiliki power lebih dibandingkan korbannya, yang memersepsikan dirinya tidak berdaya untuk melawan.

Baca Juga: Muncul Surat Terbuka untuk Reza Rahadian Minta Film Layangan Putus Berhenti: Akting Anda Bikin Suami Dicurigai

Bullying biasanya terencana, tetapi terselubung dan dipersepsikan korban akan berulang.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengembangan Sifat Bawaan Manusia

Jumat, 20 Mei 2022 | 06:03 WIB

Etos Kerja dalam Islam

Sabtu, 14 Mei 2022 | 05:30 WIB

Pernyataan Keimanan dalam Tuntunan Islam

Jumat, 6 Mei 2022 | 06:38 WIB
X