Maulid Nabi Muhammad SAW Bagian 13, Kebesaran Rasulullah Membuat Islam Tersiar Cepat di Luar Tanah Arab

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:46 WIB
Ilustrasi  (Photo by Konevi from Pexels)
Ilustrasi (Photo by Konevi from Pexels)

harianmerapi.com - Keharuman dan kebesaran Baginda Rasul Muhammad SAW di jazirah Arab membuat Islam mulai dikenal dengan cepat. Banyak penduduk di jazirah Arab memeluk Islam dengan kesadaran sendiri.

Setelah nyata kemenangan Islam di tanah Arab, Rasulullah SAW mulai mengirimkan utusan-utusannya untuk menemui raja-raja dari negeri besar di luar tanah Arab. Utusan menyiratkan bahwa di tanah Arab telah berdiri Kerajaan Arab.

Dilansir dari buku Sejarah Umat Islam, karangan Buya Hamka, Terbitan Gema Insani, Jakarta 2016, disebutkan Kerajaan Arab telah berdiri dan kepada raja-raja negeri Habsyi, Persia, Romawi dan Mesir masing-masing diberi surat seruan terhadap Islam.

Baca Juga: Upacara Bukaan Cupu Kyai Panjala 2021, Begini Penjelasan Lengkap Waktu Pelaksanaannya

Di antara negeri-negeri itu ada yang menerima dengan baik dan bersahabat, namun juga sebaliknya ada yang menolak. Dituliskan perjalanan Islam mengalami peperangan yang bernama Perang Tabuk.

Penyebab perang Tabuk ini, karena terdengar kabar bahwa tentara Romawi hendak pergi menyerang Islam. Mendengar kabar ini, lalu Baginda Rasul Muhammad SAW menyiapkan pasukan kaum muslimin dan menuju daerah bernama Tabuk.

Dalam peperangan Nabi Muhammad SAW selalu berada dengan gagah berani di garis depan berhadapan langsung dengan musuhnya. Setelah menaklukkan beberapa negeri dalam perang tabuk ini, pasukan muslimin lalu kembali ke Madinah.

“Baginda Rasulullah langsung hadir dalam setiap peperangan baik besar maupun kecil,” tulis Buya Hamka dalam bukunya.*

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin kebaikan hari ini, baca doa ini di awal hari

Rabu, 18 Januari 2023 | 06:15 WIB
X