• Rabu, 26 Januari 2022

Kekuatan Budi Pekerti Salah Satu Kunci Utama Keberhasilan Syiar Islam

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 23:53 WIB
Rumah Rosulullah di Makkah, sebelum hijrah ke Madinah, yang kini dijadikan perpustakaan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Nabi Muhammad menyebarkan islam dengan kekuatan budi pekerti.  (Arif Zaini Arrosyid)
Rumah Rosulullah di Makkah, sebelum hijrah ke Madinah, yang kini dijadikan perpustakaan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Nabi Muhammad menyebarkan islam dengan kekuatan budi pekerti. (Arif Zaini Arrosyid)

ISLAM berkembang pesat di dunia ini. Kekuatan budi pekerti menjadi salah satu kunci utama keberhasilan syiar. Dari Madinah dan Makkah meluas ke jazirah arab dan seluruh dunia. Hingga kini Islam tercatat sebagai agama terbanyak kedua penganutnya.

Budi pekerti dalam istilah agama adalah akhlakul karimah, berakhlak mulia. Dalam dunia pendidikan dikenal dengan karakter kuat.

Kekuatan karakter, budi pekerti dan akhlakul karimah menjadi kekuatan dalam syiar Islam. Budi pekerti tidak hanya pada muatan ajaran, namun juga pembawa risalah, Rasulullah Muhammad SAW.

Baca Juga: Timnas Indonesia Adaptasi Lapangan Sintetis di Tajikistan Sebelum Jalani Laga Kualifikasi Piala AFC U23

Banyak orang yang mengkaji sisi budi pekerti Rasulullah Muhammad, mereka baik yang telah menganut Islam dan banyak pula yang non Islam.

Menjadi pertanyaan mengapa Islam yang dibawa Rasulullah dapat merubah, mengubah tatanan dunia saat itu. Dari hasil kajian itu dimasa kini, diterapkan dan semakin berhasil mengubah tatanan dunia.

Aturan dunia banyak yang bernafaskan Islam atau mengambil spirit Islam. Yang kemudian dipatuhi atau ditaati dan dijalankan yang membawa kebaikkan dunia. Inilah yang disebut mengubah tatanan dunia.

Baca Juga: Arema FC Petik Poin Penuh Setelah Mengalahkan Persija 1-0 pada Seri 2 Liga 1 di Stadion Manahan Solo

Demikian disampaikan Ust Nidaul Khasanah pada pengajian rutin Ahad pagi yang dilangsungkan di SDIT Muhammadiyah Bandongan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang, Minggu (17/10/2021). Pengajian juga untuk memperingati Maulid Nabi Muhammadi SAW

Dia mengatakan salah satu kunci keberhasilan Nabi Muhammad dalam berdakwah adalah lebih pada sisi kemanusiaan. Hasilnya dapat disimpulkan adalah Muhammad punya karakter kuat, berakhlak mulia dan budi pekerti bagus.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X