• Selasa, 26 Oktober 2021

Kasus Anak Tenggelam, Rasul Anjurkan Belajar Renang

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:20 WIB
Petugas gabungan saat melakukan pencarian korban tenggelam   (Foto-Dok Basarnas Yogyakarta)
Petugas gabungan saat melakukan pencarian korban tenggelam (Foto-Dok Basarnas Yogyakarta)

MENCERMATI seringnya kasus anak tenggelam, terbaru anak tenggelam di DAM Kriyan Sungai Opak Bantul, para orang tua harus ekstra waspada. Mengapa ? Karena air adalah dunia anak-anak.


Mereka sering bermain air tanpa mempedulikan bahayanya. Kalau bermain air di kolam renang, relatif terkontrol, karena banyak orang berada di tempat tersebut. Namun, kalau berenang di sungai, waduk atau sejenisnya, ini yang sulit dikontrol.

Risiko anak bermain air di sungai atau waduk sangatlah besar, sehingga perlu langkah antisipasi. Setidak-tidaknya bila anak mahir berenang, risiko kecelakaan lebih kecil dibanding yang tidak bisa berenang. Kebanyakan kasus anak tenggelam lantaran mereka sama sekali tidak bisa berenang.

Baca Juga: Pemuda di Kulon Progo Ini Dijemput, Dicekoki Oplosan Kemudian Dikeroyok di Tepi Kali Progo


Ini bukan berarti anak yang mahir berenang jaminan selamat. Sebab, di arus sungai yang besar, meski anak pandai berenang, risikonya sangat besar, karena kondisinya berbeda di kolam renang yang airnya relatif tenang.

Nah, mahir berenang saja masih berisiko, apalagi tak bisa berenang sama sekali. Belajar dari kasus tenggelamnya anak di DAM Kriyan Bantul, alanghkan baiknya bila anak-anak mulai diajari berenang. Hal ini juga sejalan dengan anjuran Rasulullah.

 

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,: "Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).

Baca Juga: Timnas Basket Elite Muda Mulai Seleksi Pemain

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bikin Konten Pikup Oleng, Berbuntut Urusan Polisi

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 05:33 WIB

Pengkhianatan Cinta di Balik Kasus Sate Sianida

Jumat, 22 Oktober 2021 | 12:17 WIB

Allah Meninggikan Sebutan Muhammad

Jumat, 22 Oktober 2021 | 07:51 WIB

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Ini Hukumnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:30 WIB
X