• Jumat, 22 Oktober 2021

Menjadi Pribadi yang Sabar di Era Pandemi Covid-19

- Rabu, 22 September 2021 | 05:00 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si. (Dok Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si. (Dok Pribadi)

PANDEMI Covid-19 mengajari kita tentang kesabaran. Sabar dimaknai dengan kemampuan seseorang untuk melakukan disposisi secara positif terhadap segala sesuatu kejadian yang dialaminya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Ia selalu memandang kejadian yang menimpanya dengan cara dipikir, dilihat, didengar, atau dirasakannya bukanlah sebagai ancaman atau hukuman bagi dirinya, tetapi justru memandangnya sebagai tantangan, bahkan peluang untuk terus mengkaji diri secara mendalam dan memahami makna yang tersurat maupun tersirat dari pengalaman spiritualnya itu.

Pandemi Covid-19 yang cukup berkepanjangan ini merupakan peluang bagi orang-orang yang beriman untuk menunjukkan jati dirinya sebagai umat yang senantiasa meningkatkan kesabaran pada seluruh aspek kehidupannya.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 24: Saudara Kandung Beda Watak

Orang yang cerdas mensikapi situasi yang ada akan menjadi orang yang sabar, penampilannya selalu tenang, sejuk, mengesankan dan tidak tergesa-gesa dalam melakukan suatu aktivitas. Ia selalu berpikir secara sistematis dan mencoba memahami manfaat serta akibat dari apa yang dilakukannya.

Dengan kata lain, orang yang sabar itu berarti ia telah mampu melakukan pengaturan diri (self-regulation) terhadap empat aspek dalam pribadinya secara baik, yaitu: 1) kendali diri (self control), kemampuan mengelola emosi dan desakan (impuls) hati yang merusak,

2) sifat dapat dipercaya (thrustworthiness),

Baca Juga: Gantungkan Cita-cita Setinggi Langit 3: Kesuksesan Anak, Kebanggaan Orangtua

3) kehati-hatian (conscientiousness) atau peka terhadap kata hati nurani, dan

4) inovasi (innovation), mudah menerima dan terbuka terhadap gagasan, pendekatan dan informasi-informasi baru. Tidak apriori terhadap berbagai informasi yang sampai kepada mereka.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terimalah Anak Apa Adanya

Rabu, 6 Oktober 2021 | 05:00 WIB

Menjadi Pribadi yang Sabar di Era Pandemi Covid-19

Rabu, 22 September 2021 | 05:00 WIB
X