Dendam Cinta Destruktif

ilustrasi
ilustrasi

CINTA sepertinya mengalahkan segalanya. Rasa kemanusiaan pun sirna dikalahkan api cinta. Barangkali itulah yang dilakukan seorang perempuan cantik bernama Nani (25) warga Majalengka Jawa Barat yang tinggal di Potorono Bantul. Pekerja salon ini menaruh cinta kepada seorang anggota serse Polresta Yogya, Tomy, namun kecewa lantaran laki-laki pujaan hatinya itu menikah dengan wanita lain.
Atas ide dari salah seorang pelanggan salon, Nani nekat hendak meracuni sang kekasih serta istrinya dengan cara memberi racun kalium sianida yang dicampur bumbu sate. Tapi salah sasaran, sate lontong itu ditolak istri Tomy karena tidak merasa memesan makanan lewat pengemudi ojol hingga petaka justru menimpa sang pengemudi ojol. Ya, sate malah dimakan keluarga pengemudi ojol Subandi, hingga berakibat Naba Faiz Prasetya (10) anaknya tewas. Sungguh peristiwa tragis.
Itulah dampak patah hati yang dirasakan Nani hingga berbuat nekat. Dendam Nani karena ditinggal menikah sangat destruktif, mengakibatkan bocah tak berdosa itu meninggal. Akankah Nani menyesal atas perbuatannya ? Entahlah. Yang jelas, kini ia menghadapi tuduhan yang tidak main-main, yakni melakukan pembunuhan berencana. Meski salah sasaran, namun setidaknya unsur perencanaannya telah terpenuhi, yakni dengan mempersiapkan bumbu sate yang dicampur racun. Sebenarnya masih ada kesempatan bagi Nani untuk mengurungkan niatnya, namun itu tidak dilakukan. Racun telanjur meluncur dan membawa korban.
Nani telah ditangkap di rumahnya, Potorono Bantul. Statusnya resmi tersangka. Namun masih terbuka kemungkinan tersangka bertambah, yakni R yang disebut-sebut sebagai orang yang memberi ide penggunaan racun sianida. Seperti diketahui, pelaku tak hanya terdiri pelaku utama tapi bisa pula penganjur maupun orang yang memberi bantuan sehingga kejahatan dilakukan sebagaimana diatur Pasal 55 KUHP tentang pembantuan.
Meski begitu, keterangan Nani masih perlu diklarifikasi, apakah benar ide meracun berasal dari R, atau R hanya memberi tahu jenis-jenis racun yang bisa membunuh manusia. Keterangan silang ini perlu diperoleh untuk memastikan kedudukan R, apakah bisa dijadikan tersangka atau tidak.
Lebih dari itu, kasus ini sangat fenomenal dan bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk tidak sembarang menerima kiriman paket, baik yang berwujud makanan maupun bukan. Kalau tidak merasa memesan jangan pernah menerima. Sedang bagi para pengemudi ojol, jangan langsung mengonsumsi makanan yang belum jelas statusnya. (Hudono)

Read previous post:
Bumbu Sate Klepek-Klipuk

Oleh: Sudjito Atmoredjo* Klepek-klepek artinya tak berdaya. Klipuk adalah puncak dari ketakberdayaan, yakni kematian. Itulah nasib tragis yang dialami Naba

Close