Pencuri di Hotel

ilustrasi
ilustrasi

AWAS, ada pencuri bergentayangan di hotel. Berlagak sebagai wisatawan, pencuri ngembat barang berharga yang kebetulan tergeletak di tempat strategis. Itulah yang dilakukan AY (30) warga Pajeksan, Sosromenduran, Gedongtengen Yogya. AY yang berlagak sebagai wisatawan, berhasil menggondol HP yang tergeletak di meja resepsionis di sebuah hotel di kawasan Gedongtengen. Aksinya saat itu tidak diketahui petugas. Namun, setelah petugas ‘opyak’ dan melacak melalui rekaman CCTV hotel, aksi pelaku terlihat jelas.
Berbekal rekaman itulah polisi berhasil mengidentifikasi pelaku. Ketika diburu, pelaku ternyata bersembunyi di kawasan Banguntapan Bantul. Polisi pun segera meringkus AY. Masih dikembangkan apakah pelaku sendirian dalam melakukan aksinya, atau ada sindikatnya. Begitupun masih diselidiki mana saja objek yang dijadikan sasaram pencurian.

Keberhasilan menangkap pencuri itu juga berkat sistem pengamanan hotel yang dilengkapi kamera CCTV. Sehingga lalu lintas orang keluar masuk hotel bisa terdeteksi sejak awal. Tentu kamera itu hanya ditempatkan di lokasi strategis, seperti pintu masuk, ruang lobi maupun pintu keluar. Tidaklah mungkin pengelola hotel menempatkan CCTV di ruang privat seperti kamar karena akan mengganggu privasi pengunjung.

Pihak keamanan pasti tidak serta merta menanyai masing-masing pengunjung, karena bisa membuatnya tidak nyaman. Karena itu, sangat boleh jadi pihak keamanan tidak bisa membedakan antara pengunjung beneran dan pengunjung yang ternyata pencuri. Meski begitu, bila pencuri itu belum terbiasa beraksi di hotel, gerak geriknya akan mencurigakan. Dan, penjahat manapun akan memanfaatkan kesempatan ketika korbannya lengah.

Kehadiran pencuri di hotel agaknya sangat fenomenal. Karena butuh keberanian dari pelakunya. Apalagi gerak-gerik pelaku akan terekam CCTV. Meski begitu, pengamanan hotel hendaknya tidak hanya mengandalkan CCTV. Sebab, dengan kejadian di atas, pencuri akan pasang strategi agar terhindar dari pantauan CCTV.

Bila hotel tidak aman dari pencuri, tentu akan sangat berpengaruh pada pengunjung atau wisatawan. Keamanan hotel adalah bagian tak terpisahkan dari daya tarik wisatawan untuk menjatuhkan pilihan. Secara umum, hotel-hotel di Yogya tergolong aman bagi wisatawan.
Tapi, namanya penjahat, tidaklah mengenal tempat maupun korbannya. Begitu ada kesempatan, ia cepat bergerak dan ngembat barang berharga milik korban. Jika demikian kita dituntut untuk waspada dan lebih berhati-hati, di manapun berada, entah hotel atau tempat lain. (Hudono)

Read previous post:
Pemain Senior Bima Perkasa Bantu Pelatih Jaga Mental

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Intensitas latihan di bawah kepala pelatih David Singleton cukup tinggi. Pelatih asal Amerika itu mendorong Indra

Close