Terkecoh Wanita Cantik

ilustrasi
ilustrasi

PENIPUAN melalui akun palsu dengan memasang foto perempuan berwajah cantik di medsos seperti facebook sepertinya sudah jamak terjadi di masyarakat. Ironisnya, ada saja warga yang terkecoh hingga akhirnya menuruti keingina n pelaku yang ujung-ujungnya  merugikan korban. Modus penipuan itulah yang dijalankan sepasang kekasih DN (20) warga Wonosari dan DP (17) warga Gamping Sleman. Hanya dengan memasang foto remaja berwajah cantik, tak sedikit netizen yang terpikat dan masuk perangkap. Salah satu korbannya adalah Duta (17) warga Magelang.

Singkat cerita, wanita cantik yang mengaku bernama Yunda dan  perannya dijalankan DN dan DP itu mengajak Duta ketemu darat. Setelah ketemu, DN mengaku sebagai kakak Yunda. Kemudian DN mengajak korban bertemu dengan adiknya. Di tengah jalan DN minta berhenti sebentar untuk beli minuman dengan meminjam motor korban. Begitu motor diberikan, pelaku tak pernah kembali.
Korban pun segera melapor ke polisi dan dalam waktu relatif singkat pelaku berhasil dibekuk di kosnya kawasan Badran Yogya. Sedikitnya, pelaku telah berhasil menggondol 5 motor dari korbannya. DN langsung dijebloskan ke tahanan, sedang kekasihnya, DP karena masih di bawah umur, ditempatkan di balai rehabilitasi remaja di Sleman.

Agaknya pelaku sudah paham bahwa umumnya laki-laki suka melihat wanita cantik. Inilah yang dimanfaatkan pelaku untuk mengecoh calon korbannya. Korban makin tertarik ketika pelaku mengajaknya kencan atau ketemu darat. Bila ajakan ini dipenuhi, niscaya tinggal selangkah lagi pelaku berhasil memperdaya korban. Tapi bila menolak, berarti target sasaran tidak kena.

Modus penipuan seperti ini dilakukan secara bertahap, yakni mulai dari permintaan untuk berteman terlebih dulu via FB atau lainnya. Setelah dikonfirm, barulah pelaku melancarkan jurus rayuan sehingga hubungan mereka makin akrab. Kalau sudah akrab, meningkat lagi dengan ajakan kencan dan seterusnya. Bila masyarakat tidak hati-hati, maka akan terhipnotes seolah-olah ia memang sedang berteman dengan seorang perempuan cantik. Padahal, siapapun bisa memasang foto seperti itu.

Itulah yang harus diwaspadai masyarakat. Jangan gampang percaya dengan foto cantik atau seksi. Sebab, bisa jadi di balik foto cantik itu adalah laki-laki yang sengaja ingin menjebak calon korbannya. Berkaitan itu polisi, khususnya di bagian cyber, bisa melakukan investigasi untuk membongkar tipuan di balik akun palsu yang memasang perempuan cantik. (Hudono)

Read previous post:
tiket.com Dukung Kemenparekraf Pulihkan Industri Pariwisata Nasional

Close