Lengah Awasi Anak

 

 

 

INI peringatan keras bagi para orang tua yang memiliki balita. Jangan sekali-kali lengah mengawasi anaknya. Sebab, akibatnya bisa fatal, bahkan bisa berujung nyawa anak melayang. Kasus yang terjadi di Dusun Karangasem Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Bantul, Selasa pekan lalu bisa menjadi pelajaran berharga bagi orang tua agar tidak lalai mengawasi anaknya. Gara-gara kelalaian orangtua, balita Wishaka Najandra Putra yang masih berumur 15 bulan tewas tersengat aliran listrik di belakang rumahnya.

Peristiwa tersebut terjadi begitu cepat. Ketika sang ibu, Lestari, meletakkan anaknya dari gendongan, anak tersebut berjalan menuju kandang ayam yang diberi lampu untuk penghangat. Diduga anak tersebut memegang kabel yang terkelupas hingga kesetrum. Sang ibu, sempat mendengar teriakan anaknya yang kesakitan, namun terlambat ketika dihampiri anaknya sudah tak berdaya. Setelah dibawa ke rumah sakit, dinyatakan meninggal.

Bisa dibayangkan betapa hancur hati sang ibu melihat buah hatinya sudah tak bernyawa. Lebih menyesal lagi, itu terjadi lantaran Lestari lalai mengawasi Wishaka. Hanya karena ingin melanjutkan masak di dapur, ia melepas begitu saja anaknya hingga tanpa disadari mendekati kandang ayam beraliran listrik. Lestari tak pernah mengira tindakan melepas anak dari gendongan berakibat fatal.

Boleh dibilang, antara tindakan dengan akibat tidaklah sebanding. Hanya untuk urusan memasak, tapi akibatnya nyawa anak melayang. Kini yang ada tinggal penyesalan. Namun hendaknya tidak berlarut-larut dengan penyesalan yang notabene tak bisa mengubah keadaan. Selayaknya para orangtua mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut agar tidak menimpa anak mereka.

Meski kalau dirunut peristiwa kematian Wishaka akibat keteledoran orang tua, namun secara hukum kasus tersebut masuk kategori musibah, sehingga tidak ada yang dapat dituntut. Lestari yang melepas anaknya dari gendongan tentu tidak menduga bakal berakibat fatal. Ia tidak mengira bila Wishaka mendekati kandang ayam yang beraliran listrik tegangan tinggi.

Peringatan bagi para orang tua yang memiliki balita, janganlah meletakkan benda berbahaya apapun di rumah atau sekitar rumah yang mudah dijangkau anak. Orang tua mestinya juga mengontrol benda apa saja yang membahayakan anak. Memberi aliran listrik di kandang ayam, mungkin dianggap lazim. Sayangnya, tidak dicek kelayakannya, apakah membahayakan atau tidak. Ternyata, dalam kasus di atas, ada kabel yang mengelupas, sehingga membuat Wishaka kesetrum. (Hudono)

Read previous post:
SUTRISNO-ADI TERIMA REKOMENDASI PAN: Siap Membawa Harapan Baru Gunungkidul Maju

WONOSARI (MERAPI) - Pasangan Prof. Dr. H. Sutrisna Wibawa M.Pd. dan Mahmud Ardi Widanta SIP menjadi pasangan calon Bupati dan

Close