Yuk Piknik Lagi

 

 

KABAR gembira bagi masyarakat di DIY yang kini sudah diizinkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, meski terbatas. Seperti dilakukan Pemkab Bantul yang baru-baru ini membuka objek wisata Pantai Depok berikut kulinernya yang umumnya menyediakan ikan laut. Meski masih dalam tahap uji coba, namun dimungkinkan akan diikuti destinasi wisata lain, sehingga dalam waktu dekat ini tempat pariwisata di DIY bakal normal kembali.

Namun, jangan lengah. Pembukaan tempat wisata tersebut tentu disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19. Sudah semestinya kita belajar dari pengalaman negara lain yang terlalu longgar membuka akses publik hingga berakibat munculnya klaster baru penyebaran Covid-19. Kita berharap pembukaan tempat wisata ini tidak menimbulkan persoalan sepanjang pengelola menerapkan standar operasional prosedur (SOP) yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

SOP yang kini sedang disusun instansi terkait itu tetap harus mengacu pada protokol kesehatan yang standar, antara lain tetap menjaga jarak atau pysical distancing maupun social distancing. Tak hanya itu, pengelola tempat wisata harus menyediakan fasilitas handsanitizer maupun tempat cuci tangan lengkap dengan sabun dan air yang mengalir. Sepanjang pengelola tak mampu menyediakan fasilitas tersebut, hendaknya pemkab bertindak tegas untuk tidak membuka destinasi wisata bersangkutan.

Aturan pemakaian masker juga harus diterapkan secara ketat. Bukan saja kepada pengunjung, melainkan juga petugas yang berjaga di tempat wisata. Mereka yang kedapatan tidak memakai masker, harus ditindak tegas, tak hanya diperingatkan tapi juga harus dikeluarkan dari tempat wisata tersebut. Aturan tegas itu juga berlaku bagi petugas, karena mereka menjadi contoh masyarakat.

Itulah cara kita memaknai istilah new normal atau kenormalan baru yang bakal diterapkan di DIY sebagai daerah percontohan. Kenormalan baru tidak diartikan sebagai hidup bebas seperti tak ada pandemi, melainkan hidup dengan keteraturan dan disiplin mematuhi protokol kesehatan, antara lain selalu memakai masker bila berada di luar rumah, rajin cuci tangan dan tidak berkerumun.

Agar hidup kita nyaman tanpa dihantui rasa waswas tertular Covid-19, protokol kesehatan tersebut harus dipatuhi. Bahkan, kita bisa dengan aman dan nyaman mengunjungi tempat wisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Asal disiplin, tak perlu takut untuk piknik lagi. (Hudono)

Read previous post:
Kartun Jurukunci, Sabtu (6/5/2020)

Sekolah di rumah diperpanjang sampai akhir Juni. Kartun: Agoes Jumianto

Close