Tentara Gadungan


ilustrasi
ilustrasi

PROFESI TNI menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian perempuan. Lantaran itulah seorang janda berinisial Hab (48), warga Panggungharjo Sewon Bantul terpikat dengan penampilan SM (45) warga Prambanan Klaten yang mengaku sebagai anggota TNI berpangkat kapten dan dinas di Korem 072 Pamungkas. Hab mengenal SM karena dipekenalkan oleh temannya yang juga mengaku sebagai anggota TNI.

Singkat cerita, Hab jatuh cinta kepada SM dan hubungan mereka makin intens. Bahkan, berapapun uang yang dimita SM selalu dipenuhi. Tak kurang Hab telah mengeluarkan Rp 36 juta untuk SM, lantaran percaya janji untuk dinikahi. Namun, kedok SM akhirnya terbongkar dan ia harus mendekam di sel tahanan setelah ditangkap di rumah kontrakannya, Nitipuran, Sonosewu Ngestiharjo Sewon Bantul baru-baru ini.

Boleh dibilang, SM telah menipu luar dalam Hab yang terlena dengan penampilan yang bersangkutan. Hab telah membayangkan bakal mengarungi bahtera rumah tangga bersama SM yang mengaku sebagai anggota TNI. Agaknya, cinta telah mengalahkan segalanya, sehingga Hab tidak lagi bisa berpikir jernih dan menuruti segala kemauan SM.

Padahal, bila Hab kritis, ia sebenarnya bisa langsung mengecek ke Satuan Korem 072/Pamungkas apakah ada nama yang disebutkan oleh pelaku. Bila tidak ada, berarti SM telah menipu dan langsung bisa segera diambil tindakan menyusul laporan korban. Sepertinya sudah menjadi spesialisasi SM untuk menipu para janda, bukan hanya Hab, dengan modus serupa, yakni mengaku sebagai anggota TNI dan berjanji menikahi.

Penampilan SM layaknya anggota TNI sepertinya mampu menyihir para janda, sehingga mereka mudah luluh ketika berhadapan dengan pelaku. SM sepertinya sudah berpengalaman, begitu calon korbannya terpikat, lalu melancarkan jurus berikutnya, berdalih untuk keperluan karir dan sebagainya, meminta uang kepada korbannya. Entah bilangnya meminjam atau meminta, korban pun tak ragu memenuhi permintaan SM.

Melihat kronologi kasusnya, SM telah memalsukan identitas, sekaligus melakukan serangkaian kebohongan sehingga korban menyerahkan uang. Tersangka bakal dijerat pasal berlapis, yakni pemalsuan identitas dan penipuan. (Hudono)

Read previous post:
Advokat H Kokok Sudan Sugijarto SH.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
ADVOKAT H KOKOK SUDAN SUGIJARTO SH- Jadi Kuasa Hukum Bupati di Bengkulu

YOGYA (MERAPI) - Untuk menjalankan usaha jasa hukum, seorang advokat selain membangun kedekatan juga harus membangun kepercayaan kepada siapapun. Hal

Close