Siswi Lawan Perampok


ilustrasi
ilustrasi

AKSI heroik siswi SMP di Sleman, Rosalinda Diana Putri (15), warga Pandowoharjo Sleman ini layak diacungi jempol. Ia berani melawan perampok yang merampas HP-nya saat yang bersangkutan duduk sendirian di tepi jalan di Dusun Ngancar Tridadi Sleman. Meski HP sudah berpindah tangan, Rosalinda tak mau menyerah, dan terus berusaha mencegah perampok kabur. Alhasil, ia pun terseret motor pelaku hingga beberapa meter. Namun aksinya berhasil, pelaku terjatuh dari motor hingga akhirnya menjadi bulan-bulanan massa.

Ternyata, pelakunya adalah KM (53), pedagang sayur warga Gunungkidul. Hal yang tak kalah menarik, KM membawa uang banyak dari hasil berdagang sayur. Namun mengapa ia masih merampas HP Rosalinda yang ditaksir seharga Rp 2,5 juta ? Saat diinterogasi ia mengaku aksinya spontan alias tak direncanakan. Menurut ceritanya, begitu melihat siswi bermain HP sendirian, timbul niat untuk merampasnya. Ia juga mengaku baru kali ini melakukan pencurian.

Namanya penjahat, selalu berkelit ketika ketangkap. Rasanya tidak logis, KM yang saat itu membawa uang banyak kok masih merampas HP. Tentu bukan karena ia kekurangan uang, melainkan karena ingin uangnya terus bertambah. Sayangnya, caranya keliru, yakni dengan merampas HP milik orang lain.

Aksi Rosalinda memang tergolong sangat berani dan heroik, mengingat risikonya berat. Untungnya, ketika ia terseret motor pelaku, tidak mengalami luka parah. Bila ia tidak melawan, mungkin pelaku akan lolos. Agaknya ia juga sadar akan banyak warga yang menolongnya, karena saat itu hari masih siang sekitar pukul 14.00.

Tapi yang namanya pencuri, tidak lihat-lihat kondisi, entah itu siang atau malam tetap saja beraksi. Pengakuan KM yang mencuri karena ada kesempatan mungkin benar, namun tak cukup hanya itu. Sebab, pada dasarnya ia bukan orang yang kekurangan uang, terbukti ia membawa uang banyak. Boleh jadi ia memang punya niatan untuk mengambil barang milik orang lain dengan harapan uangnya bertambah.

Melihat kejadian di atas, para siswa tentu harus lebih hati-hati bermain HP. Mereka harus melihat situasi di sekitarnya. Sebab, bisa saja ada orang yang mengincar ketika yang bersangkutan lengah. Penjahat selalu mencari kesempatan ketika calon korbannya lengah. (Hudono)

Read previous post:
ilustrasi
Ditinggal Latihan Silat, HP Raib

BULAKSUMUR (MERAPI)- Terdesak kebutuhan ekonomi, seorang remaja berinisial MA (19) warga Malang Jawa Timur nekat mencuri handphone milik Annisa Desti

Close