Sandiwara Anak Hilang


ilustrasi
ilustrasi

DI zaman seperti sekarang ini, masih ada seorang ibu yang tak sanggup merawat anak balitanya, kemudian menyerahkan kepada orang lain untuk dirawat. Itulah yang dilakukan Ny NA, warga Sawangan Magelang. Agar tidak mencurigakan, Ny NA membuat skenario anaknya, Noval Arbian (3), hilang saat diajak belanja di warung. Ia mengaku Noval terlepas dari gendongan dan lari meninggalkannya. Ny NA mengira Noval pulang ke rumah, namun ternyata tidak ada.

Karuan suami kalang kabut. Tak hanya itu, tetangga juga ikut repot mencari ke sana ke mari.Kasus tersebut akhirnya dilaporkan ke polisi dan Ny NA dimintai keterangan. Ia pun mengaku kehilangan anaknya saat belanja. Namun polisi jeli, ada hal aneh dalam cerita Ny NA. Ternyata Noval tidak hilang, melainkan diserahkann kepada W, warga Boyolali untuk diadopsi. Sayangnya penyerahan Noval tidak sepengetahuan sang suami.

Kasus di atas tergolong unik. Mengapa Ny NA tega menyerahkan anaknya kepada orang lain ? Setelah ditelisik Ny NA mengaku tidak mampu lagi merawat Noval sehingga diserahkan kepada orang lain. Atas kasus tersebut, polisi belum mengambil tindakan hukum, melainkan hanya meminta keterangan Ny NA.

Apakah Ny NA dapat dijerat pidana ? Sebenarnya bisa, karena dia telah memberi laporan palsu kepada polisi. Meski demikian, alangkah baiknya bila kepolisian mengambil langkah diskresi dengan tidak memproses kasus tersebut melalui jalur hukum, melainkan dengan cara kekeluargaan demi asas kemanfaatan.

Dalam kasus tersebut Ny NA tidak bermaksud menghilangkan anaknya, melainkan hanya ingin agar anaknya dirawat orang lain karena dia sudah tak mampu membiayai. Sementara sang suami dirasa juga tidak mampu secara ekonomi untuk memberi nafkah, sehingga timbul niat melakukan aksi nekat menyerahkan anaknya kepada orang lain.

Pun kasus tersebut belum bisa dikategorikan sebagai jual beli anak atau trafficking, karena penyerahan anak tersebut didasarkan suka rela dan tak ada kompensasi pembayaran apapun. Meskipun pada akhirnya Noval kembali ke pangkuan orangtuanya, namun kasus ini bisa menjadi cermin bagi masyarakat, betapa anak adalah anugerah dari Tuhan dan tak boleh disia-siakan apalagi sampai diperjualbelikan. Justru masalah pentingnya, mengapa Ny NA sampai tak mampu merawat anaknya ? Sejauh mana instansi terkait punya perhatian serius kepada Ny NA ? Pertanyaan yang harus segera dijawab. (Hudono)

Read previous post:
The Kaldera – Toba Nomadic Escape, Destinasi Kelas Dunia di Danau Toba

TOBASA (MERAPI) – Status Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas semakin dipertegas dengan hadirnya destinasi kelas dunia. Namanya The Kaldera

Close