Mencoba Memperkosa


ilustrasi
ilustrasi

DALAM kondisi mabuk berat, seorang pemuda pengangguran, Hrm (26) warga Desa Baleharjo Wonosari Gunungkidul berusaha memperkosa seorang ibu rumah tangga, yang tak lain tetangganya sendiri, Ny Bunga (54), sebut saja begitu. Namun aksi nekatnya kepergok sang menantu yang sontak berteriak minta tolong hingga warga berdatangan. Tanpa pikir panjang Hrm dipukuli warga yang marah atas ulahnya.

Peristiwa yang terjadi pada Miggu Subuh pekan lalu itu tentu menggegerkan warga Baleharjo karena tidak mengira Hrm bakal nekat memperkosa tetangganya yang notabene sudah setengah baya. Andai sang menantu yang ditemani istri tidak berteriak minta tolong, entahlah apa yang terjadi kemudian. Apalagi, saat itu, Hrm sudah dalam kondisi, maaf, setengah telanjang. Untungnya Ny Bunga juga berteriak minta tolong sehingga menantunya datang.

Dalam kasus kejahatan apapun, teriakan minta tolong bisa membuat pelaku panik dan gelap mata. Namun, karena massa sudah mengepung, Hrm tak berkutik dan menjadi bulan-bulanan warga. Hrm tidak bisa berdalih dalam kondisi mabuk sehingga memperkosa tetangganya. Kalau alasan mabuk dibenarkan, niscaya orang akan ramai-ramai mabuk dulu sebelum melakukan kejahatan.

Hrm tak mungkin mabuk sepenuhnya, karena ia masih punya akal sehat untuk masuk ke rumah Ny Bunga dan memasuki kamarnya. Andai ia benar-benar mabuk berat, niscaya untuk jalan saja tak mampu. Dengan demikian, tindakannya tetap harus dipertanggungjawabkan di depan hukum. Ia disangka melakukan percobaan perkosaan.

Meski gagal memperkosa, Hrm tetap harus mendapat sanksi hukum berat dengan ancaman maksimal pidana pokok dikurangi sepertiga. Bahkan warga setempat bisa menerapkan sanksi sosial. Bila ia nantinya dihukum ringan, dikhawatirkan akan mengulangi perbuatannya sampai berhasil. Karenanya ada suatu kampung sampai harus mengusir warganya karena dianggap membahayakan setelah melakukan tindak pidana. Tak tertutup kemungkinan bagi Hrm untuk diperlakukan seperti itu. Sebab, sangat dikhawatirkan bila suatu saat warga juga menjadi sasaran nafsu bejat Hrm. (Hudono)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Edarkan Obat Keras Siswa SMA Diadili

BANTUL (MERAPI) - Seorang siswa SMA di Srandakan Bantul, BS (18) warga Bungsing Guwosari Pajangan Bantul diajukan ke persidangan Pengadilan

Close