Bila PRT Berulah

ilustrasi
ilustrasi

TAYANGAN televisi ternyata bisa mempengaruhi orang untuk melakukan simulasi atau peniruan. Ini menunjukkan betapa hebatnya dampak tayangan televisi. Seorang pekerja rumah tangga (PRT), Ny MY (48), warga Badran Bumijo Jetis, agaknya terpengaruh tayangan film mistis di televisi, sehingga terinspirasi untuk melakukan tindak kejahatan.

MY yang bekerja di rumah Istaqlal Rezaaufan (29) warga Sinduadi Sleman, nekat menguras harta majikannya saat rumah dalam kondisi kosong. Sebagai pembantu rumah tangga mestinya MY menjaga rumah yang dipercayakan kepadanya. Tapi sebaliknya, ia malah menguras perhiasan serta uang majikannya berjumlah belasan juta rupiah.

Lantas apa kaitan dengan cerita mistis di televisi ? Agar aksinya tidak ketahuan, MY menukar uang tersebut dengan daun yang dibungkus mori. Tujuannya agar sang majikan mengira uang tersebut diambil makhluk halus. Tapi Istaqlal sepertinya tak mau terkecoh. Ia kemudian memasang kamera CCTV dan menempatkan perhiasan imitasi di tempat yang bisa terpantau. Alhasil, MY masuk perangkat dan terekam jelas sedang mengambil perhiasan yang notabene imitasi.

Istaqlal kemudian melapor ke polisi dan dalam waktu relatif singkat MY berhasil dibekuk. Meski awalnya mengelak, MY akhirnya mengakui terus terang mencuri harta majikan untuk melunasi utangnya. Penjahat akan berterus terang ketika sudah kepepet dan tak ada jalan lain selain mengaku. Apalagi, bukti bahwa yang bersangkutan mencuri telah cukup.

Langkah Istaqlal yang melapor polisi memang tepat. Sebab, bila kasus tersebut hanya diselesaikan secara kekeluargaan, niscaya tidak menimbulkan efek jera bagi MY. Bisa saja langkah musyawarah itu dilakukan tanpa melapor ke polisi, namun tidak akan membuat MY insyaf.

Meskipun kasusnya berada di ranah keluarga, namun tindakan MY yang mencuri uang majikan masuk hukum publik (pidana), sehingga harus diproses hingga pengadilan. Melihat seorang PRT yang harus masuk penjara, rasanya memang kasihan. Tapi bila melihat ulahnya, majikan mana yang tidak jengkel. MY seharusnya menjaga rumah majikannya, eh malah berbuat sebaliknya.

Kasus di atas tentu bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika menyimpan uang maupun perhiasan. Bukan berarti selalu curiga kepada pembantu rumah tangga, melainkan sikap waspada tentu lebih bijak. Tidak semua PRT berperilaku baik, ada pula oknum yang menyalahgunakan kepercayaan majikan. (Hudono)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
USAI DIJEBLOSKAN KE PENJARA- Terpidana Jootje Max Sondakh Ajukan PK

SLEMAN (MERAPI) – Usai dijebloskan ke penjara, terpidana laporan palsu, Jootje Max Sondakh akhirnya menempuh upaya hukum luar biasa atau

Close