Asmara, Gelap Mata

 

ilustrasi
ilustrasi

GARA-GARA asmara, orang bisa gelap mata. Anehnya, hal itu dialami oleh mantan suami yang notabene sudah bercerai dengan istrinya. Ya, SW (43), warga Danurejan Yogya terbakar cemburu melihat mantan istrinya, De, berduaan dengan seorang pria, Ari. SW pun mengajak temannya, AA (33) yang juga warga Danurejan bikin perhitungan. Mereka membawa senjata tajam clurit dan air gun.

Untung, sebelum terjadi penganiayaan, polisi cepat datang ke lokasi setelah dilapori Ari di Jalan Tamansiswa, Minggu dini hari lalu. Keduanya pun diamankan di Polsek Mergangsan Yogya. Tindakan kepolisian yang cepat merespons laporan warga tentu layak diapresiasi. Bila terlambat merespons, sulit dibayangkan apa yang terjadi kemudian, mungkin sudah terjadi partumpahan darah.

Membawa senjata tajam, meski belum atau tidak digunakan, tetap dijerat UU Darurat Tahun 1951. AA pun secara resmi telah dijadikan tersangka kepemilikan senjata tajam. Sedangkan siapa pemilik air gun, keduanya masih saling lempar. Yang jelas, keduanya harus diproses hukum agar jera.

Selama ini acap polisi datang terlambat ketika sudah terjadi pertumpahan darah. Namun dalam kasus di atas, polisi sigap dan berhasil mencegah sehingga tidak terjadi penganiayaan. Untung Ari yang merasa jiwanya terancam segera melapor ke polisi. Bila terlambat, entahlah apa yang terjadi. Mengharapkan patroli aparat juga rasanya tak mungkin, karena tidak setiap saat polisi lewat di tempat tersebut.

Pencegahan memang lebih diutamakan ketimbang penindakan. Idealnya, jalanan di Yogya, entah itu siang atau malam harus aman, tak ada orang membawa senjata tajam, apalagi akan digunakan untuk menganiaya orang lain.

Dari peristiwa tersebut terlihat bahwa SW meski sudah bercerai dengan De, namun tak bisa sepenuhnya melepas ikatan asmaranya. Terbukti, ia cemburu ketika mantan istrinya itu berduaan dengan lelaki lain. Padahal, kalau statusnya memang sudah bercerai, De bebas menjalin asmara dengan pria manapun sesuai keinginannya.

Cemburu boleh-boleh saja asalkan tidak diekspresikan dengan tindakan yang melanggar hukum, menganiaya misalnya. Nampaknya SW tidak rela bila mantan istrinya itu menjalin asmara dengan pria lain. Padahal, SW sendiri juga berhak menjalin asmara dengan wanita manapun karena statusnya sudah bercerai. Yah, itulah manusia. (Hudono)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Sakit Mata Tak Sembuh, Kakek Gantung Diri

  WONOSARI (MERAPI)- Diduga karena depresi akibat penyakit mata yang diderita tidak kunjung sembuh, Sumadiyo alias Mbah Suwito (73) warga

Close