CERMIN – Percobaan Perkosaan

Percobaan Perkosaan
Percobaan Perkosaan

KEJAHATAN paling menakutkan bagi perempuan adalah perkosaan. Peristiwa ini nyaris dialami SK (22), perempuan yang kos di Dusun Kutu Patran Sinduadi Sleman. Ia nyaris diperkosa teman kosnya, AK (24), karyawan swasta asal Banyumas. Kebetulan korban dan pelaku kos di tempat yang sama, meski kamarnya berbeda.

Entah bagaimana awalnya, pelaku  tergoda untuk mengintip SK yang sedang tidur. Pelaku kemudian pulang mengambil pisau dan selanjutnya  masuk kamar korban dengan mengambil kunci lewat jendela yang   terbuka. Tanpa babibu, AK langsung mengancam SK dengan pisau dan memaksa berbuat intim. Namun permintaan itu ditolak hingga terjadi pergumulan yang tidak seimbang.  Alhasil, korban berhasil lepas dari cengkeraman pelaku, bahkan berhasil mencakar wajah AK, dan berlari ke luar sambil minta tolong.

Peristiwa yang terjadi pada Rabu pagi pekan lalu itu nyaris tak diketahui warga. Pelaku pun kembali ke kamarnya, sementara korban langsung lapor polisi. Lantaran pelaku sudah dikenal, tak sulit bagi polisi membekuknya. Pelaku langsung ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

SK tergolong perempuan pemberani karena berani melawan pemerkosa. Demi mempertahankan kehormatannya, ia berani mati-matian melawan pelaku. Aksi heroik SK pun membuahkan hasil, sehingga pelaku gagal memperkosanya. Andai SK menyerah karena takut ancaman pisau, tak tahu apa yang bakal terjadi. Aksi SK memang berisiko, namun berhasil menggagalkan perbuatan bejat AK.

Peristiwa di atas harus menjadi pelajaran berharga bagi para perempuan yang tinggal di kos. Teman pun tak menjamin aman, malah sebaliknya bisa membuat celaka. Karena itu, sebaiknya janganlah memilih kos campur, laki-laki dan perempuan. Selain berisiko, juga melanggar etika. Bahkan, sejumlah daerah sudah melarang kos campur. Kalau hendak mendirikan kos-kosan, harus terpisah antara laki-laki dan perempuan (di kompleks terpisah).

Meski tak berhasil memerkosa, AK tetap dijerat hukum, karena telah memaksa perempuan untuk menuruti kemauannya berbuat intim secara paksa. Dalam bahasa hukum dikenal dengan istilah percobaan perkosaan. Tidak kesampaiannya pelaku memperkosa korban bukan karena niat pelaku sendiri, melainkan faktor dari luar, yakni tindakan korban yang melawan. (Hudono)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Bawaslu Provinsi Jawa Tengah saat sosialisasi pada para ASN Sukoharjo untuk bersikap netral saat pemilu
PILKADA 2018 – Bawaslu Jateng Minta ASN Netral

SUKOHARJO (MERAPI) - Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada 2018. Hal itu sesuai dengan aturan dan

Close