Pentingnya CCTV

Pentingnya CCTV
Pentingnya CCTV

HINGGA saat ini Yogya belum bebas dari cah klitih. Bahkan, ada kecenderungan aksi berbalas. Mereka yang salama ini menjadi korban klitih, ingin balas dendam. Sayangnya, balas dendam ditujukan secara membabi buta, bahkan menyasar orang yang tak tahu apa-apa.

Seperti terjadi di Sleman baru-baru ini, dua pemuda KH (16) pelajar SMK dan FN (19) penjual angkringan, melakukan pembacokan terhadap Dhian (16) dan Tri, warga Seyegan di Jalan Kabupaten. Mereka mengalami luka bacok di beberapa bagian. Polisi berhasil menangkap pelaku setelah meminta keterangan saksi korban dan melihat CCTV yang dipasang di sekitar lokasi.

Terungkap pelaku melakukan aksi pembacokan karena dendam pernah menjadi korban cah klitih. Mereka semula menanyai kepada korban asal sekolahnya, namun belum sampai dijawab, pelaku mengeluarkan pedang di balik baju dan langsung membacok. Setelah itu, mereka tancap gas menggunakan motor KLX.

Seolah ada kesan motor KLX sering digunakan untuk aksi kejahatan. Tentu bukan motornya yang salah, namun pelakunya. Motor hanyalah sarana untuk memudahkan aksi. Pun belum tentu mereka yang mengendarai KLX  selalu melakukan kejahatan. Seperti halnya dulu pernah marak motor RX King yang digunakan untuk pelaku kejahatan. Tak pelak motor tersebut mengundang imej negatif. Padahal, motor hanyalah motor.

Hal menarik lainnya, dalam pengungkapan pelaku, polisi menggunakan rekaman CCTV yang berada di sekitar lokasi. Dalam rekaman tersebut terlihat jelas wajah pelaku, dan setelah dikroscek dengan korban, wajah pelaku identik dengan yang ada di rekaman CCTV.

Hal ini mengingatkan pada kasus besar teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan yang hingga sekarang belum terungkap. Polisi sudah memeriksa rekaman CCTV yang terpasang di sekitar lokasi. Namun, menurut polisi, wajah pelaku tidak begitu jelas, sehingga sulit mengungkapnya. Kasus itu pun kini masih menjadi misteri, karena polisi mengaku kesulitan mengungkapnya.

Peranan CCTV sebenarnya sangat penting dalam mengungkap kejahatan, meski itu bukan satu-satunya alat. Karena itu, masyarakat terutama yang  tinggal di pinggir jalan untuk memasang kamera CCTV sebagai langkah antisipasi. (Hudono)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Panwaslu Kota Yogyakarta melantik Panwascam di Balaikota kemarin
Panwascam Diminta Jaga Integritas

UMBULHARJO (MERAPI) - Pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) akan dilaksanakan serentak pada 17 April 2019. Panitia Pengawas Kecamatan

Close