Pemancing Waspada

Pemancing Waspada
Pemancing Waspada

INI peringatan bagi para pemancing untuk lebih berhati-hati, terutama pada malam hari. Hanya gara-gara ingin  mendapatkan ikan, nyawa jadi taruhan. Ini pula yang dialami dua pemancing, Rizal Ardiansyah (22) warga Palbapang Bantul dan Trianto (53) warga Pendowoharjo Bantul. Mereka ditemukan di dasar Kali Winongo, sekitar Bendung Gempolan Trirenggo Bantul Minggu pekan lalu.

Warga curiga lantaran ada sepeda motor diparkir di lokasi namun tak diketahui siapa pemiliknya. Di tempat itu juga tergeletak peralatan pancing. Dengan melibatkan relawan, akhirnya korban ditemukan  dalam kondisi tewas di dasar sungai. Diduga korban meninggal sekitar empat jam sebelum mayatnya ditemukan. Kedua korban diduga terpeleset dan tercebur ke sungai.

Kematian Rizal dan Trianto terbilang tragis, di saat mereka sedang menyalurkan hobinya. Mungkin mereka tak begitu mengenal medan sehingga terpeleset dan tercebur ke sungai. Kemungkinan juga mereka tak bisa berenang sehingga banyak minum air dan tenggelam. Andai mereka bisa berenang, mungkin nasibnya akan berbeda.

Walaupun dugaan tersebut sangat kuat, korban tetap diperiksa secara medis dan ternyata hasilnya tak ada tanda-tanda penganiayaan. Dengan hasil tersebut, tak ada yang bisa dipersalahkan atas tewasnya Rizal dan Trianto. Artinya, kematian mereka murni karena musibah.

Berita kematian Rizal dan Trianto telah menggegerkan jagat pemancingan. Tema tersebut ramai diperbincangan di media sosial, terutama di komunitas pemancing. Pasti ada hikmah di balik peristiwa tersebut. Bukan bermaksud menakut-nakuti, melainkan agar para pemancing lebih berhati-hati, t erutama bila tidak mengenal medan.

Apalagi bila pemancing tidak bisa berenang, harus ekstra hati-hati. Jangankan tak bisa berenang, yang mahir berenang pun tak selalu dijamin aman. Misalnya menghadapi banjir bandang yang datang tiba-tiba, belum tentu mereka mampu mengantisipasinya. Nah, apalagi bila tak bisa berenang.

Mengapa pemancing perlu dibekali kemampuan berenang ? Tak lain untuk mengantisipasi kejadian seperti dialami Rizal dan Trianto. Terkadang pemancing terpaksa harus turun ke air, nah tentu ini sangat membahayakan bila ia tak bisa berenang. Tapi, yang jelas, nasib orang ada di tangan Tuhan. (Hudono)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kartun 10 November 2017

Close