Bawaslu Tak Lakukan Penindakan Baliho Paslon

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Maraknya baliho pasangan kontestan Pilkada Bantul 2020 belum dinilai sebagai pelanggaran kampanye.

BANTUL (MERAPI) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul belum melakukan penindakan terhadap munculnya baliho pasangan cabup cawabup yang akan mengikuti Pilkada Bantul 2020.

Ketua Bawaslu Bantul, Herlina mengatakan, sampai saat ini tahapan pilkada belum sampai pada tahapan penetapan calon. Sehingga saat ini belum ada subyek calon sehingga adanya baliho tersebut belum secara resmi menjadi peserta Pilkada Bantul 2020.

“Untuk itu terkait baliho pasangan calon yang mulai marak maka pengawasan yang dilakukan adalah dengan melihat substsnsi dan materi baliho dengan memperhatikan tahapan, subjek dan obyek baliho. Fokusnya adalah apakah baliho itu mengarah kepada potensi pelanggaran tentang adanya penyalahgunaan program, wewenang atau tidak,” ujar Herlina kepada wartawan, Kamis (6/8).

Apabila baliho yang dipasang berkaitan dengan tata cara pemasangan maka kalau ada potensi pelanggaran tentang tata cara pemasangan atau tentang perizinan maka tindak lanjutnya adalah ranah pemda. Karena sampai saat ini tahapan belum sampai pada tahapan penetapan calon dengan begitu belum ada subyek calon peserta pemilihan.

Sesuai dengan tugas kewenangan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 adalah mengawasi setiap tahapan pemilihan dan non tahapan. Saat ini tahapan pemilihan memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih sub tahapan coklit.

“Ddngan pengawasan non tahapan maka fokus Bawaslu adalah mengawasi pihak pihak yang diatur netralitasnya dan pengawasan dengan subyek kepala daerah. Karena jangan sampai ada penyalahgunaan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi,” tegas Herlina. (Usa)

Read previous post:
RTLH Tahap II Gunungkidul Sasar 14 Kapanewon

WONOSARI (MERAPI) - Pemkab Gunungkidul berupaya menuntaskan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) meskipun sumber anggaran selama pandemic korona ini

Close