Sapi dari Sultan untuk Warga Terdampak Kekeringan

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Bupati Suharsono saat menyalurkan hewan kurban di rumah dinas Bupati Bantul

BANTUL (MERAPI) – Dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menyalurkan 33 kambing dan satu ekor sapi kepada panitia kurban di Rumah Dinas Bupati Nogosari Trirenggo Bantul, Kamis (30/7). Dari penyaluran hewan kurban, seekor sapi bantuan dari Sultan disalurkan ke masyarakat terdampak kekeringan di Dusun Kebosungu I Dlingo Bantul.

“Bantuan seekor sapi dari pak Gubernur ini kami saluran ke masyarakat di Dusun Kebosungu I. Sementara kambing-kambing ini kami salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Bupati Bantul, Drs H Suharsono kepada wartawan di sela-sela penyaluran hewan kurban.

Disebutkan, penyaluran hewan kurban dilakukan pada H-1 ini kepada panitia kurban agar dapat disembelih saat perayaan Idul Adha. Dari setiap perwakilan takmir yang menerima bantuan langsung mengambil di halaman belakang rumah dinas Bupati Bantul.

Untuk bantuan hewan kurban sendiri berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bantul. Meskipun setiap OPD tidak diwajibkan memberikan bantuan tetapi ternyata hewan kurban yang disalurkan di rumah dinas Bupati Bantul cukup banyak.

Semua hewan kurban yang disalurkan telah melalui pemeriksaan kesehatan yang cukup ketat dengan bukti Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Sehingga hewan yang akan disembelih pada perayaan hari raya Idul Adha dijamin kesehatannya.

Selain itu, Suharsono mengingatkan agar panitia kurban tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam penyembelihan hewan kurban. Termasuk masyarakat tidak dianjurkan mencuci daging di aliran sungai maupun membungkus daging dengan plastik gelap untuk mengantisipasi adanya bakteri yang menempel.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul, Yus Warseno menambahkan, dalam penyembelihan hewan kurban pihaknya akan menerjunkan tim untuk memantau penyembelihan hewan kurban di masyarakat. Hal itu dilakukan guna memastikan hewan yang disembelih sehat dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi masyarakat.
“Ada sekitar 200 orang yang kami terjunkan untuk melakukan pemantauan besok selama Idul Adha maupun hari tasrik,” tegas Yus. (Usa)

Read previous post:
Penerapan Protokol Kesehatan Diperketat di Objek Wisata Bantul

BANTUL (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Bantul memperketat penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19 di kawasan objek wisata yang sudah

Close