KPU Buka Tanggapan Masyarakat Soal Calon PPK

BANTUL (MERAPI) – Dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 18-24 Januari 2020 mendatang. Sebagai bahan klarifikasi terhadap calon PPK yang sudah mendaftar, KPU membuka tanggapan dari masyarakat. Hal ini untuk mendapatkan anggota PPK yang berintegritas sebagai salah satu upaya menyukseskan Pilkada Bantul.

Tahapan pilkada Bantul dimulai pada awal tahun ini dengan pembentukan PPK di 17 kecamatan. Pembentukan PPK independen tersebut diawali dengan pengumuman pendaftaran pada 15-17 Januari 2020. Kemudian selama sepekan, KPU menerima pendaftaran masyarakat. Dijadwalkan calon PPK harus sudah mendaftar antara tanggal 18-24 Januari 2020. Calon pendaftar nantinya diwajibkan untuk mengumpulkan berkas dan tidak dapat diwakilkan, sehingga pendaftar harus datang langsung ke Kantor KPU Bantul untuk menyerahkan berkas pendaftaran. “Syaratnya minimal pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat,” sebut Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, Rabu (15/1).

Proses pembentukan PPK ini ditegaskan Didik tidak ada pungutan atau biaya yang harus dibayarkan oleh pendaftar alias gratis. Tahapan selanjutnya adalah seleksi calon PPK. Proses ini akan dilaksanakan oleh KPU dengan tiga tahap. Pertama adalah penelitian administrasi pada 25-27 Januari, kedua adalah seleksi tertulis yang dijadwalkan 31 Januari sampai dengan 2 Februari. Kemudian tahapan seleksi akan diakhiri dengan seleksi wawancara pada 8-10 Februari. “Setiap selesai tahapan langsung kita akan umumkan hasilnya,” imbuhnya.

Sebelum dan seusai tes wawancara, Didik mengatakan masyarakat diharapkan memberikan tanggapan kepada para calon yang lolos seleksi. Tanggapan itu dapat diberikan pada tahap pertama yakni 28 Januari hingga 5 Februari atau pada tahap kedua tanggal 15-21 Februari 2020. Tanggapan masyarakat itu akan digunakan sebagai bahan klarifikasi kepada pada calon PPK. “Yang penting tanggapannya jelas ya, jelas juga siapa yang ditanggapi,” ungkapnya.

Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bantul, Musnif Istiqomah menyebutkan PPK ini dibentuk untuk melaksanakan tugas pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul tahun 2020. PPK tersebut akan bekerja selama 9 bulan terhitung mulai bulan Maret hingga November 2020. Pelantikan PPK sendiri akan dilaksanakan pada 29 Februari 2020. Selain itu Musnif memberikan catatan bahwa PPK harus berdomisili di wilayah kerja. “Supaya kerjanya efektif karena PPK berkomitmen bekerja penuh waktu,” pungkasnya. (C-1)

Read previous post:
Eduardo Perez Moran Gantikan Seto

SLEMAN (MERAPI)- Manajemen PSS Sleman gagal mengikat kontrak Seto Nurdiyantoro sebagai pelatih musim depan. Namun mereka bergerak cepat dengan mendatangkan

Close