PILKADA BANTUL 2020: Nama Balon Bermunculan

BANTUL (MERAPI) – Kontestasi pilkada Bantul tahun 2020 mendatang seakan tidak ingin dilewatkan sejumlah partai politik untuk mengusung kadernya berlaga. Hingga pekan ini, sejumlah partai di Bantul sudah melakukan penjaringan bakal calon (balon). Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Bantul sudah membentuk tim tujuh yang bertugas melakukan penjaringan. Sementara DPD PAN Bantul bahkan sudah mengerucut pada satu nama balon kepala daerah.

Sekretaris DPC Gerindra Bantul, Darwinto mengatakan pekan ini tim tujuh akan terbentuk setelah rapat koordinasi yang dilaksanakan Selasa (29/10). Tim ini menurutnya akan bertanggungjawab terhadap proses penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati. Selain memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mendaftar, tim juga akan mendengarkan dan menjaring aspirasi dari pengurus partai di tingkat kabupaten dan kecamatan. Tim tujuh ini direncakan akan mulai penjaringan pada pekan depan. “Secara internal kita akan menjaring, dan untuk pendaftaran kita pastikan terbuka bagi masyarakat yang ingin maju (pilkada) melalui Partai Gerindra,” ujarnya.

Tim tujuh ditambahkannya, akan dikukuhkan hari ini (30/10). Pihaknya membentuk tim yang didalamnya terdapat pengurus DPC, anggota Fraksi Gerindra DPRD Bantul, dan kader-kader partai. Meski begitu, dipastikan Ketua DPC Gerindra Bantul, Suharsono yang juga menjabat sebagai Bupati Bantul tidak masuk dalam tim tujuh. “Diantaranya Pak Nur Subiantoro, Pak Enggar Suryo Jatmiko, dan Pak Datin Wisnu Pranyoto,” bebernya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Gerindra Bantul, Suharasono memastikan penjaringan bakal calon akan dilakukan sesuai prosedur dan mekanisme partai. Mekanisme itu dipastikan akan mempersilahkan kepada siapa saja yang akan mendaftar sebagai bakal kepala daerah Bantul. Siharsono mengaku tidak akan mengintervensi proses tersebut. Terlebih menghalangi agar seseorang tidak mendaftar di Gerindra. “Karena saya mau maju, kemudian yang lain tidak boleh maju, saya tidak seperti itu,” tegasnya.

Di sisi lain, Ketua Tim Pemenangan Pilkada DPD PAN Bantul, Wildan Nafis mengatakan proses penjaringan bakal calon di partaimya sudah selesai. Hasil penjaringam tersebut mengerucut pada satu nama, yakni Mahmud Ardi Widanto. Politisi PAN yang akrab dipanggil Arsi itu dijaring melalui mekanisme partai. Melihat jumlah kursi di DPRD Bantul, PAN mengaku relistis. Dengan enam kursi yang dimiliki, pihaknya tidak kemudian ngotot harus pada posisi bakal calon bupati. Akan tetapi bisa saja pada posisi bakal calon bupati. “Kita tidak memaksakan, jika posisi bakal calon bupati masih jauh dari harapan,” sebutnya. (C-1)

Read previous post:
Pantai Selatan Bantul Cocok untuk Penyu

BANTUL (MERAPI) - FGD (Focus Group Discussion) dan serah terima bantuan konservasi kepada Kelompok Masyarakat Penggiat Konservasi (KOMPAK) di Kabupaten

Close