HUT KE-188 KABUPATEN BANTUL: Prestasi di Tengah Semangat ‘Mbangun Desa’

MERAPI-BENI WIDYASWORO  Bupati Bantul mendampingi Gubernur DIY pada acara perayaan HUT ke-188 Kabupaten Bantul.
MERAPI-BENI WIDYASWORO
Bupati Bantul mendampingi Gubernur DIY pada acara perayaan HUT ke-188 Kabupaten Bantul.

BANTUL (MERAPI) – Jelang hari jadi ke-188 tahun, Kabupaten Bantul banyak menorehkan prestasi dalam peningkatan hal pelayanan publik. Namun Bantul tetap diharapkan untuk meningkatkan prestasi terutama dalam mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Parangtritis, Samas dan Gumuk Pasir.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menjadi Inspektur Upacara pada upacara peringatan HUT ke-188 Bantul di Lapangan Trirenggo, Bantul, Sabtu (20/07). Menurut Sri Sultan, KEK yang merupakan program Pemda DIY tersebut hanya akan terwujud jika ada dukungan penuh dari Bantul karena lokasinya memang terletak di kabupaten tersebut.

Sultan juga menghimbau untuk mendukung apa yang telah menjadi program pemerintah terkait. “Saya meminta pemerintah (Kabupaten Bantul) untuk segera melakukan proses perizinan untuk mendukung gagasan tersebut, sehingga kajian dan penetapan oleh Dewan Nasional KEK bisa segera dimulai,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sultan juga mengapresiasi kinerja Pemkab Bantul salah satunya KEK dalam hal industri kreatif yang berada di Kecamatan Piyungan. Ia berharap segera ada regulasi yang jelas mengenai izin operasional untuk bupati terkait program tersebut.

Selain itu, Sri Sultan juga berpesan agar Pemkab Bantul memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di tengah perkembangan zaman yang kian cepat. Tak hanya itu, Pemkab Bantul harus terus berupaya membangun desa untuk kesejahteraan warga. Masyarakat harus merasa damai dan sejahtera serta aman di bawah pelayanan jajaran pemerintah Bantul.

“Sesuai dengan tema ‘Dengan Semangat Makarya Mbangun Desa’, mari kita bersama-sama mewujudkan masyarakat Kabupaten Bantul yang bersih, sehat, cerdas dan sejahtera,” terang Sri Sultan sekaligus menghimbau agar seluruh masyrakat Bantul selalu waspada agar tidak terbujuk pada hawa nafsu yang bisa memecah kerukunan.
Dengan demikian, jiwa akan selalu sehat. Jiwa yang sehat akan menguatkan pribadi seseorang. Gubernur DIY berharap pada puncak acara HUT Bantul ini apa yang menjadi harapan dapat diraih. Semua visi misi Bupati bisa terlaksana melalui eksekusi program yang pro rakyat.

“Selamat Ulang Tahun Bantul, muga rahayu kang pinanggih sumrambahing kawula alit warga masarakat saindenge Kabupaten Bantul kene,” tutup Sri Sultan.
Sementara itu, Bupati Bantul, Suharsono menjabarkan berbagai prestasi yang ditorehkan Pemkab Bantul. Salah satu yang menjadi kado pada HUT Bantul adalah masuknya dua inovasi Bantul pada Sinovik 2019. Inovasi tersebut yakni Mobil Pajak Keliling dari BKAD Bantul serta Siperkasa atau Sistem Penjemuran Pasca Panen dari UPT Balai Benih DPPKP Bantul.

Tak hanya itu saja, Bantul juga terus berupaya untuk terus mempertahankan WTP dari BPK dalam pengelolaan keuangan seperti yag selama ini didapatkan. Terkait Sistem Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) 2019, Bantul juga meraih predikat A.

Dilanjutkan Suharsono, untuk mempercepat pembangunan, Bantul memperhatikan beberapa masalah yang perlu perhatian khusus. Salah satunya, Bantul serius menggarap potensi di pesisir Selatan serta membangun industri baik pariwisata, kreatif mauapun yang lain. Bantul juga terus meningkatkan kualitas public service serta lebih memperhatikan pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu.
“Semoga sinergitas antara pemerintah, masyarakat serta swasta terwujud, sehingga bisa mengurai masalah kemiskinan, ketimpangan sosial serta bisa mempermudah proses pembangunan nasional serta pelayanan publik,” katanya. (Oro)

Read previous post:
Bori Kalimbuang, Destinasi Ala Stonehenge Inggris di Toraja

RANTEPAO (HARIAN MERAPI) – Stonehenge adalah destinasi yang ada di Inggris? Bagi yang baru mendengar tempat wisata khas negerinya Ratu

Close