PUNCAK MERTI DUSUN – Warga Dusun Muntuk Gelar Kirab

MERAPI-ISTIMEWA Masyarakat berebut gunungan usai didoakan.

MERAPI-ISTIMEWA Masyarakat berebut gunungan usai didoakan.

DLINGO (MERAPI) – Warga Dusun Muntuk, Dlingo, Bantul, menggelar kirab budaya sebagai puncak acara merti dusun, Rabu (10/4). Bertemakan “Guyub Rukun Golong Gilig”, kirab budaya dibuka Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih. Acara berjalan meriah, tak kurang sebanyak 2000 warga dari beberapa dusun ikut berpartisipasi dan memeriahkannya.

Warga Dusun Karangasem dan Tangkil membawa dua buah gunungan berisikan hasil bumi, berjalan menuju Dusun Tangkil sejauh 1,5 km. Setelah sampai, gunungan diserahkan Kepala Dusun Karangasem kepada Kepala Dusun Tangkil, selanjutnya gunungan didoakan oleh Rois setempat. Gunungan yang telah didoakan tersebut kemudian diperebutkan oleh masyarakat.

Sudarman selaku ketua panitia menjelaskan, Merti Dusun Muntuk diselenggarakan setiap tahun sekali dengan menampilkan potensi kerajinan dari bambu agar wisatawan maupun pengunjung mengetahui adanya potensi yang dimiliki Desa Muntuk.

“Merti dusun dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada musim panen selesai tepatnya bulan April atau Ruwah di setiap tahunnya. Kedepan semoga tetap lestari, dan dapat menambah destinasi wisata yang baru bagi Dusun Tangkil dan Karangasem,” harap Sudarman.

Menurut Camat Dlingo, Deni Ngajis Hartono, Desa Wisata Muntuk dengan potensinya berupa kerajinan bambu, sedang merintis wisata edukasi yaitu wisata anyam bambu dan batik bambu, sehingga wisatawan dapat belajar menganyam serta membatik bambu.

“Dusun Tangkil Timur kedepannya akan mengembangkan wisata alam baru dan wisata pertanian,” jelas Deni.

Deni menambahkan, pada tahun 2020 akan dilakukan pelebaran jalan jalur Cinomati sebagai akses menuju ke Desa Dlingo. Upaya ini diharapkan mempermudah wisatawan yang akan berkunjung ke Desa Dlingo. Selain melalui jalur selatan dan utara, wisatawan juga bisa melalui jalur tengah sehingga Desa Terong lebih terbuka untuk wisata.

Sementara itu, Wardoyo selaku Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY mengatakan, pihaknya memfasilitasi dan mendukung penuh kegiatan bernuansa budaya di dusun setempat, dengan harapan Dusun Muntuk dapat menjadi desa wisata yang terkemuka.

Sebelumnya, berbagai acara digelar untuk memeriahkan merti dusun Muntuk, di antaranya pentas Wayang Kawul, pemutaran film, pagelaran wayang kulit yang menghadirkan Dalang Ki Seno Nugroho, karawitan, serta kethoprak. (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-BAGUS S Gus Yazid didampingi Herry Poernomo (kiri) menyerahkan kunci mobil hadiah utama Simpedes kepada Pimpinan BRI Unit Kejawang.
NASABAH SIMPEDES UNIT KEJAWANG RAIH MOBIL – BRI Sambut Pembangunan Jalan Lintas Utara

KEBUMEN (MERAPI) - Hadiah utama berupa mobil Nissan Grand Livina dari Panen Hadiah Simpedes BRI Cabang Kebumen periode September 2018

Close