PRM TRIWIDADI KERJA SAMA DENGAN UMY – Gelontorkan Pundi Amal Sholeh untuk Masjid

MERAPI-TEGUH Penyerahan bantuan Punid Amal Sholeh.
MERAPI-TEGUH
Penyerahan bantuan Punid Amal Sholeh.

PAJANGAN (MERAPI) – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Triwidadi, Pajangan, Bantul menjalin kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), selama 5 tahun terakhir ini bersama-sama melaksanakan program Pundi Amal Sholeh. Kegiatan ini ditujukan untuk Masjid memakmurkan Jamaah dan Jamaah memakmurkan Masjid. Selama program itu berlangsung, sudah 7 masjid yang mendapatkan bantuan.

Pundi Amal Sholeh merupakan program dana hibah bagi masjid-masjid yang ada di Desa Triwidadi dari Fakultas Hukum UMY, dengan prioritas untuk pemanfaatan pinjaman atau kredit bagi jamaah tanpa ada riba. Besar kucuran dana pada periode lalu sebesar Rp 5 juta untuk setiap masjid dan sudah tersalurkan ke 7 masjid yang ada di lingkungan PRM Triwidadi.

“Untuk periode ini ada kenaikan bantuan Pundi Amal Sholeh menjadi sebesar enam juta rupiah setiap masjidnya,” tutur Ketua PRM Triwidadi, Pardiyono kepada Merapi seusai acara penyerahan Pundi Amal Sholeh untuk Masjid An Nur dusun Nanggul dan Masjid Sholahuddin dusun Gampeng, Sabtu (9/3) di Gampeng, Triwidadi, Pajangan.

Menurut Pardiyono, program Pundi Amal Sholeh dari Fakultas Hukum UMY ini, sebagai salah satu upaya agar jamaah masjid tidak terjerat dalam praktik rentenir serta serbuan bank plecit dan riba. Setiap jama’ah dapat meminjam dana Pundi Amal Sholeh cukup hanya menjadi jama’ah masjid bersangkutan tanpa ada anggunan, bunga apa lagi potongan.

“Jamaah dapat pinjam kepada pengurus yang sudah dibentuk dan mengembalikannya dapat dicicil sesuai dengan kesanggupannya, sampai semua pinjamannya lunas tanpa ada bunga. Biasanya peminjam hanya memasukan infak sesuai kemampuan dan seikhlasnya,” tandas dia.

Penyerahan dana hibah Pundi Amal Sholeh dari FH UMY kali ini bertepatan dengan milad ke-38 fakultas tersebut. Sehingga selain penyerahan dana hibah, serangkaian kegiatan seperti penyuluhan hukum tentang pertanahan, bakti sosial dengan pasar murah 100 paket seharga Rp 10.000, penanaman sejumlah pohon buah Matoa serta pembentukan Taman Bacaan di dusun Kadireso turut menyemarakkan kegiatan itu.

Sebagai mana diungkap Wakil Dekan FH UMY Prihati Yuniarlin SH. M.Hum, kerjasama dengan PRM Triwidadi dengan kegiatan pemberdayaan dalam penguatan ekonomi jamaah, merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Sehingga dana hibah yang diberikan tentunya juga akan diikuti dengan pendampingan dan pembinaan terkait dengan pelaksanaannya. Agar tujuan dari upaya memakmurkan jamaah dan memakmurkan masjid dapat terwujud sesuai dengan harapan bersama.

“Kita berharap kerjasama ini akan terus berlanjut, karena melihat manfaat serta hasilnya dapat dirasakan oleh jamaah,” tandasnya.

Sementara itu Lurah Desa Triwidadi Slamet Riyanto mengungkapkan, pihaknya merasa terbantu dengan adanya program Pundi Amal Sholeh FH UMY ini. Untuk memakmurkan masyarakat memang dibutuhkan kepedulian serta dana yang sangat besar, kalau pun dana itu ada. Maka masih perlu dikaji lagi pola yang tepat agar dapat tepat sasaran dan berhasil guna.

“Sepertinya Pundi Amal Sholeh yang memanfaatkan dana pinjaman tanpa bunga dan riba ini, ternyata memiliki manfaat sesuai dengan karakteristik jama’ah. Buktinya selama lima tahun ini tetap berjalan. Dan kini makin berkembang ke sejumlah masjid lainnya,” ucap Slamet. (Teguh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Pencuri Spesialis Sepeda Motor Siap Diadili

YOGYA (MERAPI) - Terdakwa Prw (45) warga Gamping Sleman siap diajukan ke meja hijau Pengadilan Negeri (PN) Yogya. Terdakwa yang

Close