Battra Bantul Gelar Pelatihan Bekam

MERAPI-TEGUH Ketua panitia pelatihan bekam Joko Suwondo (tengah) bersama panitia lainnya.
MERAPI-TEGUH
Ketua panitia pelatihan bekam Joko Suwondo (tengah) bersama panitia lainnya.

JETIS (MERAPI) – Paguyuban Pengobat Tradisional (Battra) Bantul, menggelar Pelatihan Bekam Sehari bagi anggota dan masyarakat umum, Sabtu (23/2) hari ini, di rumah Terapi Daniy Salaam Sumberagung, Jetis, Bantul. Menurut Ketua Battra Bantul, H. Joko Suwondo SE (72), pelatihan bekam ditujukan bagi anggota dan masyarakat umum dimaksudkan agar masyarakat memiliki ketrampilan terkait dengan pengobatan tradisi yang juga menjadi cara Rasullallah dalam pengobatan.

“Ini selain untuk mengumpulkan anggota para pengobat tradisional di Bantul, juga untuk memberikan pelatihan bagi masyarakt umum agar dapat mempraktilkan pengobatan yang pernah dipraktikan oleh nabi,” tutur Mbah Wondo sapaan akrabnya.

Minat masyarakat menurut Mbah Wondo cukup besar untuk mengikuti kegiatan ini, sehingga pihaknya terpaksa membatasi hanya 60 peserta, karena ruang yang terbatas. Kegiatan pelatihan ini menurut Mbah Wondo akan dilakukan secara periodik setiap dua bulan sekali dengan materi yang berbeda tentunya. Ditambahkan dia, sebetulnya kegiatan ini untuk kembali menghidupkan paguyuban yang sementara ini terlihat lesu karena setiap kali rapat hanya dihadiri oleh para pengurus saja.

“Kita berharap dengan acara ini selain memberi manfaat kepada masyarakat, para anggota battra dapat berkumpul kembali,” tutur Mbah Wondo.
Ditambahknnay, ada sekitar 300 anggota pengobat (terapis) Tradisional baik yang berbasis ketrampilan manual seperti pijat, Refleksi, sangkal putung, Akupresure dan bekam. Juga mereka yang memiliki ketrampilan dengan meracik ramuan jamu Herbal.

Sedang Sekretaris Battra Bantul, Arief Indriyanto mengungkapkan, pelatihan lebih bersifat sosial karena biaya pendaftaran nantinya akan dikembalikan kepada peserta pelathan dalam bentuk pemberian modul dan akomodasi pelathan lainnya seperti sertifikat dan konsumsi, sehingga kegiatan ini tidak profit.
“Kita tidak memungut biaya besar, hanya uang pendaftaran yang itu nantinya kita kembalikan lagi kepada peserta dalam bentuk modul, sertifikat serta konsumsi. Jadi ini bukan mencari untung. Hanya untuk mengumpulkan anggota dan memberikan ketrampilan agar masyarakat dapat mempraktikan metode bekam untuk penyembuhan berbagai penyakit,” tutur Arief yang juga pemilik LPK Rumah Sehat Mandiri.

Dijelaskan juga Pelatihan Bekam akan ditangani oleh praktisi kesehatan alternatif Satrio Tri Pamungkas pengurus Asosiasi Bekam Indonesia (ABI), juga praktisi Nunik Paryanti dan Bagas Kumaya Jati. Dijelaskan juga, dalam pelatihan itu akan diberikan materi terkait, aqidah dalam pengobatan, teori bekam, anatomi bekam, aspek hukum pengobat tradisional, perlengkapan yang dibutuhkan dalam bekam, penentuan titik bekam dan larangan dalam bekam serta SOP bekam. (Teguh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Tebing Longsor di Trites Kamal

SUKOHARJO (MERAPI) - Longsor terjadi pada sebuah tebing setinggi 10 meter dan nyaris menimpa rumah warga di Dukuh Trites RT

Close