1.812 Warga Bantul Belum Rekam KTP-El

BANTUL (MERAPI) – Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul, mencatat 1.812 warga belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) hingga Pemilihan Umum pada 17 April 2019. “Penduduk Bantul saat ini yang belum rekam KTP-el berjumlah 1.186 orang, namun kalau dihitung sampai 17 April 2019, maka jumlahnya menjadi 1.812 orang,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Bantul, Sutinah, Rabu (23/1).

Penambahan jumlah warga yang belum rekam data administrasi kependudukan itu, karena adanya penduduk Bantul yang memasuki usia 17 tahun atau wajib KTP sejak pekan terakhir Januari 2019 sampai hari pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019. Dengan demikian, tambahan warga wajib KTP dalam tiga bulan ke depan itu harus diupayakan melakukan perekaman data penduduk, agar warga kategori pemilih pemula itu bisa difasilitasi KPU untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Bahkan ada yang ulang tahun ke- 17 pada 17 April 2019, dan sebelum memasuki usia 17 tahun atau sehari sebelum sudah bisa melakukan perekaman untuk kemudian dicetakkan surat keterangan(Suket). Jadi kita juga melihat tanggal lahir mereka,” ujar Sutinah dilansir Antara.

Oleh sebab itu, pihaknya akan mengupayakan penduduk, terutama yang masuk usia pemilih pemula itu melakukan perekaman. Dalam memaksimalkan pelayanan rekaman, pihaknya menyiapkan empat armada keliling yang dilengkapi peralatan perekaman KTP-el . “Ada empat armada yang sering dipakai, target kita secepatnya dapat terekam semua, mudah-mudahan bisa menjaring para pemilih pemula agar bisa ikut memilih, karena itu menjadi kewajiban Disdukcapil,” katanya.

Sutinal mengemukakan, jumlah penduduk Bantul per akhir 2018 sebanyak 939.718 orang dengan wajib KTP sebanyak 714.518 orang. Sedangkan penduduk yang sudah melakukan perekaman KTP-el sampai pekan ini sebanyak 713.332 orang.
Namun demikian, menurut dia, terhadap semua warga Bantul yang sudah rekaman itu belum semuanya mendapat fisik KTP-el, namun hanya dikeluarkan Suket, sebab blangko KTP-el belum tersedia seratus persen dan harus menunggu kiriman secara bertahap. (*)

Read previous post:
PSS MENANG 2-1 DI PIALA INDONESIA – Dua Gol Hari Yudo Permalukan Barito Putera

MARTAPURA (MERAPI) - PSS Sleman sukses mempermalukan Barito Putera di depan puluhan ribu suporter pada leg pertama laga 32 besar

Close