KPU Bantul Sosialisasi Aturan Pencalonan Anggota DPRD

BANTUL (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul segera menggelar sosialisasi Peraturan KPU tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu 2019. “Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 sudah terbit dan selanjutnya kita segera sampaikan dan sosialisasikan ke rekan-rekan parpol (partai politik), ormas, LSM dan stakeholder di Bantul,” kata Komisioner KPU Bantul Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Arif Widayanto, Senin (2/7).

Pada Selasa (3/7), KPU Bantul mengundang perwakilan pimpinan parpol, ormas dan LSM serta instansi terkait di Bantul untuk menyosialisasikan Peraturan KPU tentang pencalonan anggota DPR dan DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota itu. Sedang untuk proses penerimaan dokumen pencalonan anggota DPRD di KPU Bantul, dimulai pada 4 Juli sampai 17 Juli 2018 mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB untuk tanggal 4-16 Juli, sedang pada 17 Juli dilayani sampai pukul 24.00 WIB.

“Kenapa sosialisasi mepet hanya selang satu hari sebelum dimulainya penerimaan dokumen pencalonan, karena memang Peraturan KPU ini baru keluar pada Sabtu 30 Juni,” kata Arif dikutip Antara.

Arif menambahkan, terdapat beberapa perbedaan dengan Peraturan KPU tentang pencalonan pada Pemilu sebelumnya, diantaranya terkait adanya surat pernyataan dari parpol yang sudah melakukan seleksi secara demokrasi dalam memilih bakal calon.

“Yang paling kelihatan adalah adanya surat pernyataan dari parpol yang melaksanakan seleksi secara demokrasi sesuai dengan amanah Undang-Undang, jadi nanti pimpinan parpol itu menyampaikan surat pernyataan tersebut,” katanya.

Selanjutnya, pimpinan parpol peserta Pemilu 2019 menyampaikan lampiran apakah itu wujudnya AD/ART atau peraturan organisasi yang menerangkan bahwa partai tersebut sudah melaksanakan seleksi secara demokratis. “Ini yang berbeda peraturan pencalonan pada Pemilu 2014 atau sebelumnya. Kemudian ini yang pertama kali untuk Pemilu Legislatif menggunakan silon (informasi pencalonan),” katanya. (*)

Read previous post:
IKUT PEMILU LEGISLATIF – 3 Pejabat Gunungkidul Pensiun Dini

WONOSARI (MERAPI) - Tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan instansi di Pemkab Gunungkidul dan menduduki pejabat eselon, mengundurkan diri

Close