Pencuri Uang ATM Belajar Lewat Google

 

Kedua terdakwa saat diperiksa dalam persidangan di PN Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Kedua terdakwa saat diperiksa dalam persidangan di PN Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Terdakwa spesialis pencurian uang dengan mengandalkan lubang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), AA alias Aziz (44) warga Ciamis Jawa Barat dan Gny alias Robet (42) warga Bogor Jawa Barat kembali diajukan ke muka persidangan Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Kamis (22/2).

Dalam keterangan kedua terdakwa, keterampilan terdakwa dalam melakukan pencurian di ATM diperoleh dari internet. “Kami tahu caranya mencuri uang nasabah di ATM dengan belajar dari Google,” ungkap terdakwa Robet yang dibenarkan Aziz di muka persidangan diketuai Subagyo SH MHum.

Sehingga pada Oktober 2017 kedua terdakwa mengendarai sepeda motor menuju ke ATM di Pom Bensin Cengkiran Pandak Bantul. Sebelumnya terdakwa Aziz menempel nomor layanan call center BRI 24 jam ketika nasabah mengalami masalah.

Setelah itu terdakwa Aziz menjauh menunggu nasabah yang hendak mengambil uang. Sementara Robet bertindak sebagai nasabah dengan ikut mengantre. Tak beberapa lama datang saksi korban Rista Daniyati hendak mengambil uang. Setelah mengambil uang lewat ATM BRI Pom Bensin Cengkiran saksi korban tak bisa mengambil kartu ATM. Terdakwa Robet yang berpura-pura mengantre di belakang menyarankan agar saksi korban menghubungi call center.

Saksi korban pun menghubungi nomor yang menempel dekat ATM yang diterima terdakwa Aziz. Dalam perbincangan Aziz yang seolah sebagian petugas call center BRI meminta PIN saksi korban untuk melakukan pemblokiran. Setelah kartu ATM terblokir terdakwa Robet menyarankan agar saksi korban mengurus ATM miliknya ke bank.

Setelah saksi korban pergi, terdakwa Robet mengambil kartu ATM dan bersama Aziz mengambil uang milik saksi korban. Dalam aksinya kedua terdakwa telah mengambil uang sebanyak Rp 14,3 juta. Perbuatan terdakwa dijerat jaksa Hasti Winasih Novindari SH dengan pasal 363 KUHP. <B>(C-5)<P>

 

Read previous post:
Usai Rampas Tas, Penjambret Terjatuh

  BULAKSUMUR (MERAPI)- Berusaha kabur setelah merampas tas korban, pelaku penjambretan terjatuh dari sepeda motor. Meski sempat kabur meninggalkan sepeda

Close